Batulicin, 14/6 (Antara) - Jumlah penumpang kapal jenis "roll on roll off" di Pelabuhan Samudera Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya beberapa hari ini meningkat hingga 300 persen dari kondisi normal.


Kepala Kantor PT Darma Lautan Cabang Batulicin Saleh, di Batulicin, mengatakan sejak awal Ramadhan 1437 Hijriah jumlah penumpang kapal KM Kirana yang akan mudik menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat.


"Saat ini penumpang kapal rata-rata 600 orang biasanya hanya kisaran 200 penumpang. Untuk angkutan jenis kendaraan juga naik signifikan," katanya.


Untuk angkutan jenis kendaraann roda dua dan roda empat naik sekitar 100 persen dibandingkan pada kondisi normal kisaran 71 unit kendaraan semua jenis menjadi 142 unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat.


Meski terjadi kenaikan jumlah penumpang maupun kendaraan, secara umum jumlah penumpang tersebut masih dibawah kapasitas kapal Roro yang mampu mengangkut penumpang hingga 900 orang.


Ia memprediksi lonjakan penumpang kapal akan terjadi pada H-10 menjelang hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dari arah Batulicin.


Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan, maka PT. Darma Lautan Cabang Batulicin menambah jadwal rute du kali keberangkatan dalam satu minggu.


Selain menambah jadwal keberangkatan kapal, pihaknya juga menambah satu unit kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari Pelabuhan Samudera Batulicin menuju Surabaya dan sebaliknya.


"Sementara itu harga tiket untuk penumpang Rp265 ribu per orang, sedangkan untuk kendaraan roda dua sekitar Rp500 ribu per unit, untuk roda empat sekelas kijang Rp2,3 juta per unit," jelasnnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016