Pelaihari,  (Antaranres Kalsel) - Kelompok Tani Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, kembali mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa trator dan alat penunjang lainnya dari pemerintah daerah setempat.

"Alat dan mesin pertanian diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah berupa handtractor 124 unit dan alat penunjang lainnya," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Tanah Laut Noor Hidayat di Pelaihari, Senin.

Menurut dia, alat penunjang lainnya itu berupa pompa air 25 unit, alat tanam 16 unit, alat panen 19 unit, perontok jagung 119 unit dan perontok multiguna sebanyak 24 unit.

Bambang Alamsyah mengungkapkan, target pembangunan pertanian di Tanah Laut dari pemerintah kabupaten adalah dapat menyejahterakan petani.

Target tersebut tidak mungkin hanya keinginan pemerintah kabupaten saja, namun peran dari para petani juga sangat diharapkan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

Dia menegaskan, bantuan alsintan yang sudah diberikan pemerintah kabupaten hendaknya dijaga dengan baik dan jangan sampai beralih fungsi atau ditukar dengan kendaraan roda dua.

Bantuan yang sudah diberikan itu hendaknya dipergunakan secara bergantian dan bergiliran sehingga memberikan manfaat bagi kelompok tani.

Dia mengemukakan, saat ini tidak hanya pemerintah kabupaten saja yang peduli dengan pertanian, namun TNI juga sudah mulai ikut membantu sebagai upaya untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk petani.

Kemudian, kata dia, penggunaan teknologi baru di bidang pertanian sebagai upaya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Tanah Laut.

"Saya berharap kelompok tani dan para petani di daerah ini sama-sama bertekad untuk meningkatkan produksi pertanian di Tanah Laut sehingga dapat mensejahterakan para petani," kata tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016