Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan berkolaborasi bersama seluruh pihak atau mitra yang memiliki kepentingan atau peran untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di kota setempat.

“Setiap tahapan yang kita lakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kita siap kolaborasi dengan semua pihak yang terlibat,” ucap Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Pengawas tingkat kelurahan di Banjarmasin mulai ke lapangan

Pada pelaksana Pemilu 2024, Rahmiyati berharap pihaknya mampu menjaga koordinasi terutama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin.

Ia optimis Pemilu terselenggara dengan sukses karena KPU Banjarmasin hingga saat ini tidak menemukan kendala untuk melaksanakan persiapan.

“Kita selaku pihak penyelenggara Pemilu di tingkat kota berkoordinasi dengan Bawaslu Banjarmasin pada tiap proses yang berlangsung di kantor KPU serta Bawaslu selalu melakukan pengawasan pada tiap tahap,” katanya.

Rahmiyati berharap kepada para pendaftar agar memenuhi seluruh persyaratan baik bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai maupun saat pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Banjarmasin nanti.

Baca juga: Pengawas tingkat kelurahan di Banjarmasin mulai ke lapangan

Rahmiyati menyebutkan, saat ini KPU Banjarmasin masih pada tahap penerimaan pendaftaran calon legislatif dari partai dan sekaligus melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas.

Ia mengatakan, partai yang telah melakukan pendaftaran Bacaleg di KPU Banjarmasin hingga saat ini seluruhnya memenuhi berkas persyaratan.

Rahmiyati mengimbau seluruh partai politik di Banjarmasin yang akan mengikuti Pemilu 2024 agar segera melakukan pendaftaran validasi berkas segera mungkin untuk menghindari keterlambatan waktu.

Sementara itu, saat ini merupakan hari ke-12 KPU Banjarmasin menerima pendaftaran calon legislatif pada tingkat kota.

Baca juga: KPU Banjarmasin merancang anggaran Pilkada 2024 Rp66 miliar

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023