Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengapresiasi keberhasilan program Rukun Tetangga Mandiri yang merupakan program unggulan pemerintah kota yang digagas Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin.
 
"Kami mengapresiasi program RT Mandiri karena sejumlah kegiatan yang dilaksanakan masyarakat bisa menggerakan perekonomian dan kesejahteraan mereka," ujarnya di Kota Banjarbaru, Kamis.
 
Sebelumnya, Fadliansyah bersama wali kota melakukan panen raya ubi yang ditanam Kelompok Masyarakat (Pokmas) Sejahtera di Kelurahan Sungai Ulin dengan luasan lahan ubi mencapai 2 hektare.
 
Menurut Fadliansyah, kegiatan yang dilaksanakan setiap pokmas sudah sesuai dengan tujuan program yakni pengembangan potensi kawasan disesuaikan dengan kemampuan dan keterampilan masyarakat.
 
"Pengamatan kami, kegiatan yang dilaksanakan masyarakat sesuai dengan program yang direncanakan seperti pengembangan UMKM, juga sektor jasa hingga sektor pertanian secara umum," ucapnya.
 
Dikatakan politisi Partai Gerindra itu, pengawasan dan pendampingan harus dilakukan pemkot sehingga program yang dijalankan mampu berjalan sesuai harapan disamping hasilnya dirasakan masyarakat.
 
Fadliansyah menuturkan, pihaknya di DPRD mendukung setiap program Pemkot Banjarbaru yang berorientasi pemberdayaan dan peningkatan perekonomian masyarakat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.
 
"Setiap program pemberdayaan dan peningkatan perekonomian yang disiapkan pemkot tentu kami dukung apalagi jika dampaknya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.
 
Sebelumnya di sela panen, wali kota menyebutkan RT Mandiri merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemberian bantuan untuk membiayai kegiatan pada setiap RT di wilayah Banjarbaru.
 
Aditya menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan setiap pokmas antara satu RT dengan RT lainnya berbeda disesuaikan dengan potensi dan keahlian yang dimiliki kelompok masyarakat di lingkungannya.
 
"Setiap RT diberikan bantuan dana sosial sebesar Rp75 juta yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan di berbagai bidang baik UMKM, jasa maupun bidang pertanian yang bisa menambah pendapatan," jelasnya.
 
Aditya menekankan, dana bantuan sosial yang diserahkan bukan untuk kepentingan pribadi tetapi digunakan untuk kelompok masyarakat melalui berbagai kegiatan yang diharapkan berdampak terhadap kesejahteraan.
 
"Tujuan program RT Mandiri adalah pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan yang bisa menumbuhkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Opie sapaan akrab Aditya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023