Panitia Khusus (Pansus) II Bidang Ekonomi dan Keuangan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah atau LKPj KDH Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun Anggaran 2022 mengharapkan Gubernur setempat beserta jajaran menindaklanjuti rekomendasi terkait LKPj tersebut.

Ketua Pansus II Imam Suprastowo mengemukakan itu usai studi komparasi ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui telepon seluler, Sabtu.

Menerima rombongan Pansus II tersebut, Ketua Pansus LKPj KDH DIY 2022 Sofyan Setyo Darmawan, 28 April 2023, lanjut Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel.

Menurut Imam, anggota DPRD Kalsel dua periode itu, banyak sekali rekomendasi LKPj tahun-tahun sebelumnya yang tidak ada tindaklanjutnya sampai sekarang. 

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengkhawatirkan, kalau rekomendasi menumpuk, maka di penghujung akhir masa jabatan akan jadi masalah.

“Memang semua itu tidak ada sanksi sih. Repotnya di situ. Kalau ada sanksi, berat sebetulnya. Karena saya lihat sekarang antara pelaksanaan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masih jauh," ujarnya seraya berharap ada solusi terbaik di DPRD Kalsel dan rekomendasi LKPj kali ini jadi lebih baik.

Bersamaan Pansus II tersebut, Pansus I Bidang Hukum dan Pemerintahan LKBPj KDH Kalsel 2022 dengan pimpinan Hj Rachmah Norlias juga studi komparasi ke DIY.
Rombongan Pansus I dan II LKPj KDH Kalsel 2022 saat kunjungan ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 27 - 29 April 2023 (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Sebelumnya, Ketua Pansus LKPj KDH DIY Sofyan Setyo Darmawan menyambut baik kedatangan Pansus I dan II ke provinsinya.

Ia menerangkan, saat ini di DIY hanya ada satu pansus yaitu Pansus LKPj Gubnernur DIY, berbeda dengan Kalsel yang dibagi menjadi empat pansus sesuai dengan jumlah komisinya. 

“Jadi hari ini kami kebagian ilmu, saya kira, bagaimana Pansus LKPj dibuat menjadi empat pansus. Bisa jadi tahun depan Pansus DIY akan kami buat empat”, ucapnya. 

Dalam pertemuan tersebut Pansus I dan Pansus II mengikutsertakan SKPD terkait dan staf ahli akademisi, guna pendalaman materi penyusunan LKPj sekaligus mencari formula yang tepat dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Dewan.

Studi komparasi Pansus I dan II ke DiY pada kesempatan kunjungan kerja ke luar daerah, 27 - 29 April 2023, demikian keterangan pers Humas Setwan Kalsel.
Rombongan Pansus I dan II LKPj KDH Kalsel 2022 saat kunjungan ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 27 - 29 April 2023 (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023