Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai menggarap peningkatan ruas jalan  dari Desa Lontar Kecamatan Pulau Laut Barat menuju Tanjung Seloka Kecamatan Pulau Laut Selatan dengan panjang total 3.775 meter.

"Peningkatan ruas jalan Lontar-Tanjung Seloka merupakan bentuk komitmen pemerintah  daerah melalui PUPR melakukan pemerataan pembangunan kepada Masyarakat," kata kepala Dinas Suprapti Tri Astuti di Kotabaru,Sabtu.

Baca juga: PUPR Kotabaru kaji peningkatan struktur ruas jalan Sepapah - Tg. Samalantakan

Tuti panggilan akrabnya sang kepala Dinas PUPR menerangkan, di tahun ini banyak pengerjaan peningkatan ruas jalan di berbagai wilayah kecamatan dan desa yang sedang di upayakan oleh dinas PUPR salah satunya adalah jalan Lontar hingga Tanjung Seloka dengan penggunaan sumber dana alokasi khusus (DAK).
 
Sehingga, lanjutnya, ke depan ruas jalan ini dapat berfungsi secara maksimal sebagai jalur transportasi untuk lima Kecamatan di selatan Kotabaru dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Kabid Bina Marga Dinas PUPR, Agus Tri Prasetiawan mengatakan, peningkatan ruas jalan tersebut berupa Produk akhir pengerjaan aspal dengan panjang total 3.775 meter, lebar jalan enam meter, aspal enam meter, dan bahu jalan beton kanan kiri satu meter.

Pihaknya (PUPR) bersama kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas tengah melakukan rekayasa lapangan untuk menerapkan hasil perencanaan pengerjaan jalan tersebut.

"Setelah merekayasa lapangan, dengan ini artinya perbaikan jalan sudah mulai di kerjakan," katanya

Ia menjelaskan, pengerjaan jalan menggunakan dana DAK fisik dengan anggaran 15,1 miliar yang di kerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Salsabila Oniresh Nusantara,
Konsultan Pengawas CV. Ganesa Teknik dengan estimasi pengerjaan 180 hari kalender.

Baca juga: Jalan longsor Desa Paran diperparah bocornya pipa PDAM Balangan

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023