Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Banjarmasin Deni Hendra Mulyadi mengatakan pihaknya meningkatkan fasilitas kesehatan pada jadwal terakhir keberangkatan kapal angkutan mudik di Pelabuhan Trisakti.

“Di pelabuhan dilakukan peningkatan fasilitas kesehatan dan keamanan terkait dengan jumlah penumpang hari ini yg terbilang cukup banyak,” ucap Deni di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: ARUS MUDIK - KSOP Banjarmasin ingatkan pemudik tak beli tiket lewat calo

Deni menuturkan peningkatan fasilitas kesehatan untuk memastikan keselamatan penumpang pada jadwal terakhir keberangkatan kapal angkutan mudik dari Pelabuhan Trisakti menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Jumlah penumpang yang belum menyeberang dari Pelabuhan Trisakti diperkirakan mencapai 1.600 orang.

“Kalau sesuai jadwal, hari ini ada tiga kapal yang berangkat menyeberang ke Surabaya, kita pastikan pemudik yang tersisa semua berangkat,” katanya.

Sementara itu, Kapal Dharma Rucita I yang telah berangkat pada Kamis pagi, mengangkut pemudik dengan jumlah sekitar 1.122 orang.

Baca juga: ARUS MUDIK - KSOP Banjarmasin: Pembelian tiket kapal lewat daring belum efektif

Sedangkan Kapal Niki Sae dan Kapal Niki Barokah dijadwalkan berangkat pada Kamis malam, Deni menyebutkan pihak operator masih menunggu kapal sandar di Pelabuhan Trisakti.

Hingga H-2 lebaran, jumlah pemudik yang telah berangkat dari Pelabuhan Trisakti mencapai 12.606 orang.

Menurut Deni, jumlah tersebut masih bertambah karena ada dua kapal keberangkatan yang jumlah penumpangnya bisa mencapai hingga 400 orang.

Deni mengungkapkan, meski jumlah pemudik melonjak pada jadwal kapal terakhir, pihaknya optimis seluruh pemudik menyeberang dengan selamat karena telah dilakukan peningkatan keamanan serta fasilitas medis yang memenuhi standar.

Baca juga: ARUS MUDIK - Hingga H-5 10.000 pemudik ke Pulau Jawa

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023