Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo menyebut pemudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mencapai puncaknya pada H-2 Lebaran dengan peningkatan jumlah penumpang signifikan dibanding hari sebelumnya.

"Data yang tercatat kemarin sudah 11.484 orang terangkut ke Surabaya dengan empat armada kapal," kata dia di Banjarmasin, Kamis.

Sedangkan untuk hari ini dijadwalkan ada tiga kapal berlayar ke Surabaya mengangkut pemudik.

Namun untuk jumlah penumpang dan kendaraan yang terangkut Sabana mengaku belum mendapatkan laporannya.

"Mungkin nanti malam datanya baru masuk ketika kapal telah berlayar semua," jelasnya.

Sabana mengimbau masyarakat para calon penumpang kapal agar tidak khawatir karena dipastikan semua pemudik terangkut semua.

Apalagi pihak operator kapal telah berkomitmen pelayanan pelayaran dibuka hingga hari Lebaran nanti.

"Berdasarkan keterangan otoritas pelabuhan diperkirakan sekitar 2.000 orang lagi yang tersisa untuk mudik ke Surabaya melalui jalur laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin," ujarnya.
 
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mendampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat meninjau Pos Induk depan Duta Mall Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Sabana memastikan pula pengamanan optimal terus dilaksanakan anggotanya bersama petugas gabungan dalam membantu kelancaran arus mudik tahun ini.

Selain di pelabuhan, anggota juga bersiaga di Terminal Km 6 Banjarmasin untuk mengamankan aktivitas pemudik pada angkutan umum pada jalur darat.

Kemudian kesiap-siagaan juga dilakukan personel Polresta Banjarmasin di tiap pos pengamanan dan pos pelayanan Operasi Ketupat Intan 2023.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023