Manajemen pusat perbelanjaan Q Mal Banjarbaru, Kalimantan Selatan, komitmen membenahi pengelolaan air limbah demi kebaikan bersama mencegah terjadinya pencemaran lingkungan baik air maupun udara.
 
Komitmen itu disampaikan General Manager Q Mal Banjarbaru Andi Indra wangsa di Banjarbaru, Jumat usai mengundang perwakilan warga untuk silaturahmi membicarakan solusi pengelolaan air limbah.
 
"Kami mengundang warga untuk silaturahmi sekaligus sosialisasi pembenahan IPAL yang sangat serius dilakukan Q Mal sehingga ke depannya air limbah tidak lagi dikeluhkan warga," ujar Andi.
 
Menurut Andi, sejumlah tokoh masyarakat hadir dalam pertemuan Kamis dibalut, suasana yang penuh keakraban di samping hadirnya Ketua RT dan warga yang bermukim di RT 1, RT 2, RT 3, RT 5 dan RT 8.
 
Andi menuturkan, pihaknya sangat serius dan komitmen memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1 dan IPAL 2 yang menjadi penentu pengolahan air limbah Q Mal sebelum dilepas ke alam.
 
Ditekankan Andi pula, selama proses perbaikan dua IPAL itu, pembuangan limbah dilakukan treatment dengan menurunkan petugas khusus untuk membersihkan area sungai dalam waktu 2 sampai 3 kali seminggu.
 
"Sesuai kesepakatan dengan warga, kami diberikan waktu selama dua minggu untuk pembenahan dua IPAL dan warga mengizinkan beberapa hasil air pengolahan limbah dibuang ke sungai," ucapnya.
 
Andi menyakinkan, setelah perbaikan IPAL 1 dan IPAL 2 rampung tidak ada lagi bau dan air yang dihasilkan dari pembuangan hasil pengolahan air limbah jernih dan meski selesai tetap treatment tetap dilakukan berkala.
 
"Intinya, pengelolaan limbah melalui IPAL 1 dan IPAL 2 akan lebih baik lagi melalui penambahan material seperti instalasi pipa dan sinar UV sehingga akan menghasilkan air yang sangat jernih," kata dia.
 
Dikatakan, manajemen Q Mal sangat berkomitmen benahi pengelolaan air limbah terbukti sudah tiga kali ganti konsultan untuk menangani IPAL sehingga pengelolanya menjadi lebih baik dan sempurna.
 
Perwakilan RT 1 RW 1 Hamdani Sahdan warga Kelurahan Sungai Ulin didampingi RT 8 RW 3 Haji Samun warga Batas Kota, Sungai Paring menyambut positif pertemuan warga dengan manajemen Q Mal.
 
"Kami menyambut baik pertemuan secara langsung ini sehingga bisa saling memberikan masukan agar permasalahan limbah yang selama ini sempat dikeluhkan warga dapat dicarikan solusinya," ujar Hamdani.
 
Menurut Hamdani, pihaknya sangat menghargai komitmen manajemen Q Mall menyelesaikan permasalahan air limbah hingga sempat tiga kali mengganti konsultan sebagai bukti keseriusan menangani masalah itu.
 
"Kami segera menyampaikan kepada warga proses pembenahan IPAL selama dua minggu dan kita semua berharap permasalahan air limbah bisa diselesaikan dengan baik demi kenyamanan bersama," katanya.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023