Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan Kalimantan Selatan merupakan provinsi dengan jumlah penduduk miskin terkecil nomor dua di Indonesia.

“Angka kemiskinan termasuk pengangguran untuk Provinsi Kalimantan Selatan cukup jauh di bawah rata-rata nasional,” kata Sahbirin saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024 di Kota Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: Kalsel kemarin, Perbaiki data kemiskinan ekstrim hingga awasi pakaian "thrifting"

Angka kemiskinan tersebut merujuk pada data nasional per September 2022, Kalsel sebagai provinsi nomor dua dengan angka kemiskinan terendah nasional sekitar 4,61 persen.

Sahbirin berharap para pimpinan lembaga dapat menentukan skala prioritas pada penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Ia mengatakan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) memperoleh anggaran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, sehingga harus mampu memaksimalkan anggaran yang ada.

Sahbirin menuturkan permasalahan dan isu pembangunan yang diperoleh langsung dari masyarakat harus menjadi perhatian khusus.

“Program pembangunan harus memperhatikan skala prioritas, ciptakan lah program yang mendahulukan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ucapnya.

Baca juga: Kapolda Kalsel wujudkan rumah layak huni bagi Dhuafa

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan selalu berupaya mendukung dan menyelaraskan pembangunan nasional.

Beberapa langkah yang dilakukan Pemprov Kalsel diantaranya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pendidikan, kesehatan dasar, mengatasi kemiskinan dan memperluas kesempatan kerja, pemerataan lingkungan, ekonomi, pertanian dan pariwisata.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan juga menyerahkan penghargaan kepada pemerintah kabupaten dan kota di lingkungan Pemprov Kalsel.

Penghargaan yang diperoleh adalah penghargaan perencanaan pembangunan daerah terbaik periode 2022.

Sahbirin mengimbau kepada seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel agar selalu bersinergi dalam menyusun program kerja dan saling mendukung.

Baca juga: Kalsel kemarin, balita dapat makanan tambahan cegah stunting hingga kades update data kemiskinan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023