Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mewujudkan rumah layak huni bagi kaum dhuafa di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak sepuluh unit.

"Kami menggandeng Lazis Assalam Fil Alamin Kalimantan Selatan untuk menjalankan program bedah rumah, dengan tujuan membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu khususnya bagi mereka yang tidak memiliki rumah layak huni," kata Kapolda Kalsel di Batulicin Senin.

Dia mengatakan, khusus di Kabupaten Tanah Bumbu ada sepuluh unit rumah yang telah kita bangun tersebar di sepuluh kecamatan.

Baca juga: Kapolda Kalsel perintahkan Polres gelar ajang balap resmi tekan balap liar

Satu unit rumah dianggarkan Rp50 juta, dan program ini akan terus berlanjut dengan menggandeng mitra kerja lainnya seperti pemerintah daerah dan Lazis Assalam Fil Alamin.

Bahkan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyatakan siap untuk ikut andil dan membantu program ini dengan mengalokasikan dana sekitar Rp500 juta untuk program bedah rumah yang dilaksanakan oleh pihak kepolisian.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, dengan saling bersinergi kita mampu mewujudkan rumah layak huninbagi kaum dhuafa," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar menjelaskan bahwa, di Kabupaten Tanah Bumbu sendiri masih ada sekitar 1000 lebih masyarakat yang hidup digaris kemiskinan ekstrim.

"Melalui program bedah rumah yang di laksanakan oleh Kapolda Kalsel untuk mengentaskan kemiskinan khususnya di Tanah Bumbu kami juga ikut menganggarkan dana sekitar Rp500 juta untuk mensukseskan program tersebut," ujarnya

Baca juga: Polda Kalsel bantu UMKM binaan Bhayangkari pasarkan produknya hingga ekspor

Ketua Lazis Assalam Fil Alamin Kalimantan Selatan, H Sudian Noor menambahkan, bahwa tahun ini program bedah rumah layak huni yang sudah terealisasi sebanyak 100 unit tersebar di seluruh kabupaten dan Khusus Tanah Bumbu ada sepuluh unit.

"Target yang akan kami realisasikan sebanyak 130 unit," jelasnya. 

Baca juga: Polda Kalsel fasilitasi kehadiran Bonek hingga berjalan tertib dan kondusif
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi saat meninjau rumah yang baru selesai di bangun melalui program bedah rumah  (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023