Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengatakan, pemerintah kota Banjarbaru meningkatkan kualitas sarana ibadah demi kenyamanan jamaah di lingkungannya.
 
"Pemkot berupaya meningkatkan kualitas sarana ibadah melalui dana bantuan hibah yang disiapkan untuk tempat-tempat ibadah agar jamaah nyaman dan tenang beribadah," ujar wali kota di Banjarbaru, Senin.
 
Aditya mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan dana bantuan hibah tempat ibadah baik masjid, langgar maupun musala sebesar Rp1 miliar yang disalurkan sepanjang tahun 2023 kepada tempat-tempat ibadah.
 
Ia mengatakan, salah satu moment menyerahkan bantuan dana hibah tempat ibadah yakni safari atau rangkaian kunjungan selama Bulan Ramadhan 1444 Hijriah yang terus disalurkan ke tempat ibadah.
 
"Bantuan dana hibah sudah kami salurkan kepada pengurus tempat ibadah melalui momentum safari Ramadhan. Diharapkan dananya bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas sarana ibadah," ucapnya.
 
Aditya menyebutkan, laporan Bagian Kesra Setdakot Banjarbaru sejak dua minggu bulan Ramadhan, total dana yang telah dihibahkan mencapai Rp449 juta diserahkan saat agenda safari Ramadhan wali kota.
 
Kabag Kesra Setdakot Suriansyah mengatakan total bantuan dana yang dihibahkan sepanjang safari Ramadhan terdiri dari lima masjid sebesar Rp249 juta dan Langgar dan Musala 20 kelurahan Rp200 juta.
 
"Jadi total akumulasi penyalurahan dana hibah tempat ibadah sebesar Rp449 juta rupiah. Satu masjid diberi bantuan hibah sebesar Rp49 juta sedangkan Langgar dan Musala setiap kelurahan Rp10 juta," ujarnya.
 
Dikatakan Suriansyah, penyaluran dana hibah untuk rumah ibadah yang dilakukan Pemkot Banjarbaru masih tetap berlanjut mengingat anggaran sudah disiapkan sepanjang tahun 2023 sebesar Rp1 miliar.
 
"Penyaluran bantuan dana hibah terus dilanjutkan sepanjang 2023 karena dananya sudah dialokasikan sebesar Rp1 miliar dan disiapkan untuk membantu masjid termasuk 100 langgar dan musala," katanya.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023