Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyalurkan zakat mereka melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) HSS, yang dikemas dalam gerakan baznas "Raih keberkahan berzakat, dalam bulan penuh berkah"

Kegiatan dimulai dari penyerahan zakat oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry bersama Sekretaris Daerah, H. M. Noor, disusul para anggota Forkopimda HSS serta para kepala perangkat daerah.

"Dengan dimulainya penyerahan zakat dan infaq kepada Baznas HSS, kita berharap bisa mendorong pihak lain yang berhak mengeluarkan zakat, untuk turut serta merta mengeluarkan zakatnya tersebut," kata bupati dalam keterangan, di Kandangan, Kamis.

Baca juga: MUI, Baznas dan DMI HSS rakor persiapan jelang Ramadhan

Dijelaskan dia, memang pada dasarnya secara nasional zakat dan infaq tersebut disarankan disalurkan melalui Baznas, untuk di kelola secara profesional dan bisa disampaikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Kegiatan ini juga menjadi program tahunan, maka semua ASN di HSS sudah menyalurkan zakat infaq  melalui Baznas, dan mereka akan memanfaatkan waktunya dengan baik dalam membayar zakat, dan direncanakan bisa rampung dalam dua hari.

Pembayaran zakat secara simbolis oleh bupati dan jajaran bertujuan sebagai program keteladanan pemimpin dalam berzakat, dan pendistribusian Program Ramadan Berkah tahun 2023 yang digagas oleh Baznas.

Baca juga: Bupati HSS serahkan hibah untuk Baznas

Zakat nantinya akan didistribukan untuk Fakir Miskin sebanyak 1.480 orang mustahik, bantuan guru mengaji non TPA sebanyak tiga orang mustahik per desa, bantuan anak yatim atau piatu tidak mampu sebanyak tiga orang mustahik per desa.

Kemudian, bantuan tukang becak, bentor dan ojek kurang lebih sebanyak 100 orang mustahik, bantuan guru honorer, tenaga pendidik dan penjaga sekolah.

Juga membantu kaum mesjid sebanyak 100 orang mustahik, bantuan muallaf sebanyak 234 orang mustahik, bantuan peduli dhuafa sebanyak 300 orang mustahik, serta Berbagi Takjil sebanyak 500 paket.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023