Bupati Balangan Abdul Hadi menginstruksikan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menganalisis rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk menentukan mana proyek strategis.

"Jadi kami menginstruksikan kepada Bappedalitbang untuk menganalisis rancangan RKPD kita, tentukan mana program atau proyek yang strategis, proyek yang tidak boleh gagal dan yang merupakan tulang punggung bagi kemajuan daerah," kata Bupati Balangan Abdul Hadi di Paringin, Rabu.

Abdul Hadi melanjutkan, analisis RKPD dilakukan sekaligus sebagai modal penting untuk kesinambungannya kemudian dikawal dengan serius serta pastikan dilaksanakan dengan tepat waktu.

Bupati menekankan jangan hanya membuat perencanaan tetapi juga harus dipastikan ada eksekusinya, terutama untuk proyek-proyek strategis yang akan membawa dampak besar bagi kemajuan daerah.

Selain itu, ungkapnya, persiapkan segala keperluannya baik dari sisi aturan, pendanaan, SDM dan sebagainya agar proyek-proyek ini dapat dilaksanakan dan mencapai target hasil yang optimal. 

Karena rencana yang disusun masyarakat telah mengetahui dan akan menagihnya kelak, jadi buatlah perencanaan yang matang dan komprehensif serta pastikan itu nanti dilaksanakan.

Menurut bupati Musrenbang juga menjadi wadah untuk merencanakan langkah-langkah antisipasi yang diperlukan sedini mungkin, namun di sisi lain tidak harus menutup kemungkinan untuk berimprovisasi bila nantinya terjadi hal-hal yang ternyata masih di luar perkiraan.

"Bagaimanapun kita mengetahui bahwa situasi masyarakat itu dinamis, dan dinamika itu bukan semata-mata berasal dari masyarakat sendiri melainkan juga dipengaruhi oleh segala sesuatu yang datang dari luar," tuturnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023