Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi bersama sejumlah pimoinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) turun ke lapangan mengecek dampak dari banjir yang terjadi beberapa hari lalu.

Peninjauan dimulai dengan melihat kondisi jembatan rusak dan hilang terseret arus di Desa Bulayak dan Desa Patikalain  Kecamatan Hantakan, Minggu.

Baca juga: Bupati kunjungi Malinau serahkan bantuan untuk korban banjir

Baca juga: Kalsel Kemarin, Presiden Jokowi resmikan SPAM Banjarbakula hingga bantuan banjir

“Camat agar segera membangun jembatan darurat, sembari menunggu beberapa jembatan yang akan diperbaharui dan dibangun oleh Dinas PUPR pada tahun 2023 ini,”katanya.

Selanjutnya Bupati beserta rombongan meninjau  kondisi rumah warga Desa Tilahan yang rusak dan hilang terbawa arus banjir.

Bupati juga memberikan bantuan berupa sembako, peralatan tidur dan peralatan masak serta menyerahkan bantuan uang tunai kepada dua keluarga yang rumahnya rusak dan dua keluarga yang rumahnya hilang, masing-masing Rp2 juta.

“Pembakal Desa Tilahan agar memprioritaskan empat keluarga ini mendapatkan bantuan perbaikan  rumah yang layak dari Instansi terkait,,”pesannya

Selain meninjau dampak banjir di wilayah Kecamatan Hantakan, Bupati juga meninjau ke daerah hilir dengan berjalan kaki menyusuri jalanan kampung menerjang banjir  di Desa Masiraan dan Jaranih sembari membagikan makanan berupa nasi bungkus.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi (kiri) menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Minggu (19/3/2023). ANTARA/HO-Prokom HST.


 “Camat dan  Pembakal harus mendata warganya sehingga setiap warga yang terdampak menerima bantuan dari  Pemkab HST,” ungkap Bupati Aulia saat membagikan makanan ke warga.

Bupati juga  meminta pada instansi terkait, baik itu Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD atau pihak kecamatan hingga desa untuk selalu memonitor warga yang terdampak. Serta melibatkan aparat keamanan untuk menjaga keamanan rumah rumah warga.

“Dengan bantuan yang kami berikan berupa makanan, semoga dapat meringankan beban mereka dan mudah-mudahan warga di desa Masiraan dan Jaranih bisa bersabar,bisa tetap semangat dan sehat dalam menghadapi cobaan yang ada,” kata dia.

Salah satu warga terdampak banjir Bahdi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bupati HST, H Aulia Oktafiandi bersama jajaran telah memberikan perhatian kepada kami.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi kami,”ungkapnya.

Baca juga: Bencana banjir buat warga HST Kalsel bagaikan terjatuh ditimpa tangga pula

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023