Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsy mengapresiasi petugas Palang Merah Indonesia (PMI) setempat yang bekerja tanpa mengenal lelah.

"Alhamdulillah sejak menjabat Wakil Bupati, rumah berdekatan markas PMI, sering melihat dan mendengar bunyi sirine. Tidak mengenal hujan, panas dan lelah begitu ada musibah langsung bergerak," kata Wabup Said saat bertemu pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan di Martapura, Selasa.

Baca juga: Pemkab Banjar Apresiasi Kinerja PMI
 
Kedatangan pengurus PMI Banjar periode 2018-2022 yang dipimpin Ketua Sunarto itu dalam rangka audiensi terkait rencana pelaksanaan musyawarah daerah.
 
Said menuturkan terkait kepengurusan yang telah berakhir pada 2022 harus dibentuk kepengurusan PMI yang baru sehingga bisa melakukan pencairan dana hibah mendukung jalannya organisasi.
 
Said menjelaskan penerimaan dana hibah baru dinyatakan memenuhi syarat jika melampirkan SK kepengurusan yang masih berlaku sehingga harus segera dibentuk pengurus baru agar semuanya bisa berjalan.
 
"Jika tidak ditindaklanjuti dan belum ada pengurus baru maka pencairan dana hibah tidak bisa direalisasikan sehingga menghambat pendanaan dan keberlangsungan PMI dalam beroperasi," ujar Said.
 
Said menyebutkan pertemuan segera ditindaklanjuti guna membentuk kepanitiaan musyawarah melibatkan semua unsur yang akan bertugas melakukan persiapan pemilihan pengurus secara terbuka.

Baca juga: Pemkab-pmi Jalankan Program Kemanusiaan
 
Said meminta pengurus PMI dan SKPD berupaya bersinergi, berkolaborasi, bekerja sama, bahu membahu menjalankan kegiatan kepalangmerahan untuk membantu sesama.
 
"Kegiatan mulai pengurangan risiko bencana dan adaptasi, perubahan iklim, kesehatan, penyelamatan dan pertolongan pertama berbasis masyarakat, dan donor darah serta pemberdayaan potensi," ucapnya.
 
Ketua PMI Kabupaten Banjar Sunarto menyatakan meski pun kepengurusan sudah berakhir dan belum musyawarah kabupaten, roda PMI untuk kemanusiaan terus berjalan membantu masyarakat.
 
"Belum terbentuknya kepengurusan baru juga disebabkan menunggu kepengurusan Kalsel yang baru dilantik pusat. Diharapkan terbentuk panitia dan sebelum Ramadhan sudah ada pengurus," ungkap Sunarto.

Baca juga: Polres Banjar Sumbang Ratusan Kantong Darah

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023