Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjar, Kalimantan Selatan, menyumbang ratusan kantong darah yang dihimpun melalui kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Bhayangkara.


Wakil Kepala Kepolisian Resor Banjar Kompol Efrizal di Martapura, Jumat, mengatakan bakti sosial yang dilaksanakan untuk memaknai hari lahir korps kepolisian yang diperingati setiap tanggal 1 Juli.

"Melalui kegiatan sosial seperti ini diharapkan menumbuhkan kepedulian dan kebersamaan personel, khususnya lingkup Polres Banjar untuk membantu sesama," ujar Wakapolres di sela donor darah yang dilaksanakan di Mapolres.

Ia mengatakan seluruh darah yang berhasil dihimpun dalam aksi sosial itu akan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar yang mengelolanya dan diharapkan bisa digunakan bagi yang membutuhkan.

"Jumlah pendonor sebanyak 104 orang yang berasal dari personel Polres dan masyarakat sehingga terkumpul seratus lebih kantong darah yang akan diserahkan ke PMI Banjar sebagai pengelola dan penyalur," ungkapnya.

Sementara itu, donor darah yang dilaksanakan di teras ruang kesehatan Mapolres Banjar, Kamis (19/6) diikuti ratusan pendonor yang menyumbang darah dari berbagai jenis golongan darah baik O, A, B dan AB).

Ratusan pendonor tersebut terdiri dari personel lingkup Polres Banjar maupun personel polsek jajaran polres setempat yang sukarela mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan darah.

Di sela kegiatan, petugas sempat didatangi seorang warga dari Kota Banjarmasin yang mengaku sangat membutuhkan darah golongan AB untuk kebutuhan darah istrinya yang menjalani operasi caesar.

"Saya sudah ke PMI Banjar tetapi stok darah AB kosong sehingga disuruh datang ke polres karena di sini ada kegiatan donor darah," ujar pria paruh baya yang menyebutkan istrinya siap operasi anak pertama.

Permintaan itu dipenuhi setelah petugas melakukan pemeriksaan karena diantara ratusan pendonor memang ada yang menyumbang darah AB dan diserahkan sebanyak tiga kantong darah sesuai kebutuhan pria tersebut.***3***





(T.KR-YRZ/B/F002/F002) 20-06-2014 08:09:56

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014