Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar (Pemkab Banjar) sangat mengapresiasi kinerja dan dedikasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar selama ini dan siap mendukung pencapaian program-program kemanusiaannya.


Hal ini diungkapkan Penjabat Bupati Banjar H Rachmadi Kurdi saat membuka Rapat Kerja Unit Transfusi Darah (UTD) dan PMI Kabupaten Banjar, Rabu (28/10) di Aula Sultan Sulaiman Martapura.

Ia juga mengatakan kiprah PMI Banjar tidak diragukan lagi. Banyak program yang telah dijalankan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia pun menuturkan PMI Kabupaten Banjar sendiri sudah memiliki Korps Suka Rela (KSR), yaitu unit markas, STAI Darussalam, AKBID KORPRI dan AKPER Intan Martapura dan juga Tenaga Suka Rela (TSR), serta enam desa Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang kesemuanya mendukung program kerja PMI Kabupaten Banjar.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan ini dalam sambutannya juga berharap, raker ini akan menjadi moment penting meningkatkan konsolidasi organisasi PMI Kabupaten Banjar dan dapat merumuskan program kerja strategis kedepan di masyarakat.

"Mari kita samakan visi misi, satukan niat, dan satukan langkah memajukan PMI dalam menolong sesama dengan menyusun program strategis demi kemanusian'" ajak Rachmadi.

Kemudian Ketua PMI Kabupaten Banjar H Mawardi Abbas juga menegaskan, PMI dalam melaksanakan program kemanusiaannya selalu berpegang teguh terhadap tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang meliputi kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

"PMI bersifat universal, tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku, ataupun agama tertentu," tegasnya kepada para peserta, 18 ranting pengurus PMI kecamatan.

PMI Kabupaten Banjar, lanjutnya,  akan terus berupaya memberikan bantuan kemanusian kepada seluruh masyarakat seperti menyediakan stok darah  bagi siapa saja, melaksanakan pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, serta mengadakan upaya tranfusi darah, pembinaan generasi muda dalam kepalang merahan, dan mensejahterakan masyarakat.

Pada kegiatan yang dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Banjar H Gt Abdurrahman, para kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar, Mawardi Abbas pun mengucapkan terima kasih atas peran pemerintah daerah dalam mendukung program PMI selama ini (Reza/Hevrin)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015