Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI), Muhammad Syarif Bando meresmikan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel) ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, di Kandangan, Kamis, mengatakan berterima kasih kepada Presiden RI, Menteri Keuangan RI, serta Kepala Perpustakaan Nasional RI telah memberikan bantuan pembangunan gedung layanan fasilitas perpustakaan.

"Pembangunan gedung layanan perpustakaan ini tentu di antaranya bertujuan adalah untuk memperbanyak ilmu dengan membaca, serta untuk meningkatkan minat baca masyarakat kita," katanya.
 
Peresmian gedung layanan perpustakaan Kabupaten HSS di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Sekda HSS buka sosialisasi penyusutan arsip

Dijelaskan dia, gedung layanan perpustakaan ini nantinya tidak hanya menjadi fasilitas yang dipergunakan oleh anak-anak sekolah, melainkan juga dimanfaatkan untuk masyarakat umum.

Selain itu, tentu akan menjadi motivasi bagi masyarakat HSS untuk terus menuntut ilmu, melalui perpustakaan dengan buku-bukunya juga dengan dukungan fasilitas digitalnya.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas baru ini bisa membantu mencerdaskan anak-anak bangsa, dan yang lebih utama adalah anak-anak dan masyarakat di Kabupaten HSS," katanya.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, mengatakan keberadaan perpustakaan sangat penting, karena menyangkut peningkatan indeks literasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
 
Peresmian dan peninjauan gedung layanan perpustakaan Kabupaten HSS,
di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Bupati apresiasi progress Disperpursip HSS dari target RPJMD

Ia berpesan agar perpustakaan ini dimanfaatkan dengan baik. Kolaborasi pemerintah pusat, provinsi, dan daerah secara bersama terus menghadirkan infrastuktur dan bahan bacaan, baik dalam bentuk digital maupun buku cetak.

Ia pun sangat mengapresiasi komitmen Bupati HSS dalam memajukan pembangunan di daerah HSS, karena terlihat banyak Infrastruktur disiapkan bagi masyarakat.

"Tentu ini dilakukan bupati untuk memenuhi pelayanan dasar, dalam mendukung agenda nasional tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kita," katanya.
 
Gedung layanan perpustakaan Kabupaten HSS di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023