Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi pendidikan dan ketenagakerjaan mengharapkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsinya memenuhi pasar kerja sesuai kebutuhan.

Sekretaris Komisi IV Firman Yusi mengemukakan harapan itu saat bersama rombongan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Tabalong, ujar Kepala Subbag Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel Dedy Noriadi melalui telepon seluler, malam Senin.

Dalam Kunker ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong, rombongan Komisi IV secara khusus mendiskusikan keberadaan SMkN 1 Haruai/Kecamatan Haruai yang dekat dengan Kalimantan Timur (Kaltim) dan menjadi tempat Ibu Kota Nusantara (IKN) baru.

Ketika pertemuan dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabalong di Tanjung (237 km utara Banjarmasin), 17 Februari lalu, Sekretaris Komisi IV menyatakan, perhatian Komisinya saat ini tertuju perhatian Komisinya saat ni tertuju pada SMKN 1 Haruai.

Menurut alumnus Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM d/h Unlam) Banjarmasin itu, SMKN 1 Haruai perlu revitalisasi, seperti penentuan jurusan agar benar-benar memenuhi pasar kerja sesuai kebutuhan.

“Sesuai saran Bupati Tabalong, ketika hendak mengembangkan SMK Haruai  harus bikin perencanaan yang lebih rinci dan menyeluruh lagi sehingga kebermanfaatan sekolah tersebui semakin terasa," ujar Jadi semakin terlihat hasilnya setelah pascapembangunan ulang (revitalisasi) SMK tersebut),” tutur Firman.

Namun mantan anggota DPRD Tabalong tersebut mengingatkanl, bahwa semua itu harus melewati proses kajian-kajian lebih mendalam lagi sehingga SMK nantinya bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik," ujar Firman Yusi.

Sementara Anggota Komisi IV  H. Abdul Hasib Salim menambahkan bahwa dengan keberadaan SMK diharapkan tidak saja mencerdaskan siswanya namun juga mampu menghadapi tantangan masa depan.

"SMK harus mampu melahirkan angkatan kerja yang mampu menghadapi tantangan di masa depan”, pinta Hasib Salim yang juga Ketua Nahdatul Ulama Kalsel 
Rombongan Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) saat pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung (337 km utara Banjarmasin), 17 Februari lalu. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Sebelumnya Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan perhatian DPRD Kalsel terutama Komisi IV terhadap upaya pengembangan SMKN 1 Haruai. 

Bupati Bumi Saraba Kawa Tabalong tersebut mengatakan, bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  dan Pemkab Tabalong perlu duduk satu meja untuk merumuskan jurusan apa yang bagus.

Bupati Tabalong dua periode itu minta SMK Haruai berkembang dan betul -betul berdampak positif terhadap perkembangan pendidikan di Bumi Saraba Kawa atau kabupaten paling utara Kalsel.

"Kami akan bicara, dengan Disdikbud Kalsel terkait putusan apa yang akan kita kembangkan. Karena kita harus menyadari bahwa tantangan kita sudah berubah. SMK ini memang sangat dibutuhkan," pinta Anang Syakhfiani.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023