Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan, melakukan pemeliharaan ruas jalan penghubung antara Desa Teluk Sirih dan Sungai Bulan Kecamatan Pulau Laut Selatan Tanjung Seloka Kotabaru.

"Pemeliharaan ini di lakukan karena kondisi jalan rusak berat," Kata Kabid Bina marga Agus Tri Prasetiawan di Kotabaru Jumat.

Baca juga: Kabiro Antara Kalsel jalin kerjasama dengan PUPR Kotabaru

Menurut dia, jalan sepanjang 1.745 meter merupakan akses masyarakat yang perlu perhatian karena sebagai penopang utama akses dari dan keluar daerah tersebut.

Pengerjaan ini kita lakukan dengan sistem pengurukan (existing) dengan media batu dan kerikil dari daerah setempat untuk mengembalikan fungsi jalan  agar bisa d lalui masyarakat.

"Pemeliharaan jalan di ruas sungai bulan - tanjung seloka, secara swakelola," katanya.
Situasi jalan penghubung antara dua Desa Teluk sirih, dan Sungai bulan kecamatan Pulau laut Selatan Tanjung Seloka Kotabaru pada saat pengerjaan pemeliharaan (ANTARA kalsel - HO/ Aqsin/ Huda PUPR)

Ia juga menjelaskan pemeliharaan yang dilakukan merupakan pengerjaan prioritas yang sudah di rencanakan oleh dinas PUPR yang penganggaran nya,  pekerjaannya, dikerjakan dan atau diawasi oleh PUPR.

Selain pengerjaan peningkatan jalan, PUPR juga melakukan upaya perbaikan drainase jalan agar air tidak menggenang di di badan jalan, serta masuk ke badan jalan agar jalan mampu  berfungsi dengan baik.

Kabid bina bina marga juga tak menampik apabila ada pihak pihak perusahaan yang mau membantu dan turut serta dalam program Corporate Social Responsibility ( CSR ) di beberapa wilayah perusahaan di sekitar wilayah  tersebut.

Baca juga: Dinas PUPR minta warga tidak membangun di bantaran sungai

"Saat ini belum ada bantuan dari program program CSR di sekitar wilayah di dua desa, mudah mudahan akan ada," terangnya.

Agus berharap, pihak perusahaan mau bekerjasama dalam pemeliharaan jalan agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik, dan bagi warga masyarakat sekitar untuk turut menjaga kondisi jalan dan merawat jalan dengan baik demi kelancaran bersama.
Situasi jalan penghubung antara dua Desa Teluk sirih, dan Sungai bulan kecamatan Pulau laut Selatan Tanjung Seloka Kotabaru pada saat pengerjaan pemeliharaan (ANTARA kalsel - HO/ Aqsin/ Huda PUPR)

Sementara itu kepala Desa Sungai Bulan, Sabir mengucapkan terimakasih atas pengerjaan yang sudah di lakukan pengerasan jalan karena sangat bermanfaat dan dapat di rasakan secara langsung oleh warga.

" Alhamdulillah terima kasih atas bantuannya jalan ini sangat berguna bagi masyarakat kami, maupun orang luar desa kami," kata Sabir.

Menurutnya, akses jalan sudah sangat baik di kerjakan dan dapat di manfaatkan oleh warga dalam beraktifitas tanpa kendala.

Sabir juga mengutarakan agar ada kegiatan lainnya di desanya berkenaan dengan infra struktur untuk membenahi dan meningkatkan sarana dan prasarana desa.

Baca juga: Kadis PUPR Kotabaru bagikan paket sembako

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023