Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, Kalimantan Selatan, siap siaga hadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) walau hingga saat ini belum menerima laporan terjadi titik api di berbagai wilayah Kabupaten Kotabaru.

"Sampai saat ini kami belum menerima laporan dari setiap kecamatan," Kata Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru Hendra Indrayana di Kotabaru, Senin.

Baca juga: Kotabaru fokus cegah Karhutla

Menurut dia, BPBD sudah menjalin kerjasama tim di setiap kecamatan se kabupaten Kotabaru sebagai pos pemantau titik awal pelaporan yang melibatkan kepala seksi ketentraman dan ketertiban ( trantib ) di setiap kecamatan masing masing 

" Meraka sudah kita berikan arahan dan pembekalan apa yang harus di lakukan ketika ada kejadian berkaitan dengan bencana," ujarnya

Ia juga mengungkap kan saat ini hanya ada laporan di beberapa tempat berkaitan dengan naiknya volume air laut akibat perubahan iklim.

Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai pihak termasuk BMKG gusti Samsir Alam Kotabaru.

Baca juga: Pemkab Kotabaru ikuti arahan Presiden soal Karhutla

"Kami juga selalu siap siaga sesuai arahan pa bupati agar selalu mempersiapkan peralatan dengan baik," katanya

Hendra juga menyampaikan, bahwa wilayah Kabupaten Kotabaru sangat luas, maka dari itu peralatan selalu disiapkan untuk digunakan apabila di perlukan.

"Kalau sudah kita siapkan dengan baik maka tidak perlu waktu lama untuk ke titik lokasi bencana atau kejadian," terangnya

Kepala BPBD tersebut berharap, tidak ada bencana atau kejadian yang dapat mengancam keselamatan warga Kotabaru.

Baca juga: Indocement latih masyarakat antisipasi kebakaran lahan

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023