Kuota haji Kotabaru Kalimantan Selatan penyelenggaraan haji 1444 Hijriah tahun 2023 sebanyak 217 calon jamaah haji ( CJH)

"Jumlah estimasi Jamaah Kabupaten Kotabaru yang nantinya di berangkat kan Insyaallah sebanyak 217 orang  jamaah," kata Kemenag Kotabaru Ahmad Kamal di Kotabaru  Jumat.

Dikatakan, jumlah jamaah yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sejak 2020 sebanyak 142. 

Untuk mencukupi kuota 217 calon jamaah periode 1444 Hijriah akan ditambahkan dengan calon jamaah yang mendaftar periode 1 Februari-Maret 2011 sebanyak 70 orang ditambah 5 orang dari calon jamaah lanjut usia (lansia) prioritas, sehingga total 217 orang calon jamaah asal Kotabaru.

Dari 217 calon jamaah nanti tergabung dengan para CJH se Kalimantan Selatan dari 11 kelompok terbang (Kloter) ditambah 5 Kloter dari Kalimantan Tengah dalam 1 Embarkasi  Banjarbaru dengan jumlah 3831 orang terbagi 16 sampai 17 Kloter.

Ahmad Kamal juga menyampaikan bahwa kuota haji di tahun 2023 kembali ke kuota awal sebelum masa pandemi yaitu 100 persen.

Kuota haji yang diberikan untuk daerah khususnya Kalimantan Selatan dalam kondisi normal sekitar 3.746 jamaah dibagi 11 Kabupaten dan 2 kota.

Sementara itu, Asisten  Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kotabaru Minggu Basuki menyampaikan pemerintah daerah akan memberikan dukungan yang terbaik bagi tamu Allah untuk melaksnakan ibadah haji ke Baitullah.

"Rakor yang diselenggarakan oleh kemenag Kotabaru adalah kegiatan rutin setiap tahunya dalam penyelenggaraan Haji untuk memberikan kemudahan bagi calon jamah Haji ( CJH) yang nantinya di berangkatkan," Ujarnya

Minggu basuki berharap panitia penyelenggara haji dapat memaksimalkan pelayanan dan meminimalisir permasalahan adminnistrasi calon jamaah haji dan kesiapan masing masing calon jamaah.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023