Pebiliar Filipina Kyle Amaroto (HC8) di bawah Klub Biliar Lucky berhasil menjuarai Turnamen Biliar Piala Bergilir Danrem 101/Antasari "9 Ball Open Handicup Tournament 2023" di Banjarmasin, Kalsel dari 1--8 Februari 2023.
 
Kyle menang pada grand final setelah melawan Pebiliar Roy BK (HC4) dari Klub Biliar Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dengan skor akhir 8--5 di Aula Makorem Antasari di Kota Banjarmasin, Kalsel pada Rabu.
 
Kyle berhak meraih hadiah Rp100 juta beserta piagam dan piala bergilir, sedangkan Roy BK mendapatkan hadiah Rp40 juta beserta piagam dan piala.
 
Untuk posisi juara ketiga diraih Pebiliar bernama Tokyo (HC6) dari Subang, Jawa Barat dengan meraih hadiah Rp20 juta dan juara keempat diraih Pebiliar tuan rumah Sopian Anwar (HC4) yang berhak atas hadiah Rp10 juta beserta piagam dan piala.
 
Sang juara Kyle menyatakan sangat senang bisa menjuarai turnamen di Provinsi Kalsel ini, sebab penuh tangan dengan lawan yang juga sangat hebat.
 
Dia mengatakan baru pertama kalinya mengikuti turnamen di Provinsi Kalsel, di mana penilaiannya venue pertandingan sangat bagus, semua orang baik dan menjunjung sportitas tinggi.
 
Kyle berhasil meraih podium setelah melalui ajang pertandingan penyisihan yang mulai dibuka pada 1 sampai 6 Februari digelar di OneBall Pool & Cafe, Jalan Pangeran Antasari No 147 Banjarmasin. 
 
Turnamen yang diikuti sekitar 64 pebiliar dari berbagai provinsi tersebut melanjutkan babak 32 besar hingga grand final dari 7 sampai 8 Februari di gelar di Aula Makorem 101/Antasari Jalan Jend Sudirman No 7 Banjarmasin.
 
Sementara itu, Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto mewakili Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito menyampaikan, bersyukur turnamen berjalan lancar dan sukses dengan adanya para pemenang.
 
"Ini tidak lepas sport dari Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI), kita harap ini berkesinambungan," ujarnya.
 
Iwan mengatakan, turnamen ini akan terus berlanjut di tahun depan untuk mendukung pemerintah memajukan olahraga, khususnya biliar.
 
"Kita harap olahraga biliar Kalsel bisa berkontribusi terbaik di Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun internasional," tuturnya.
 
Sementara itu, Ketua PBSI Kalsel H Mustohir Arifin menyatakan, sangat berterima kasih kepada Korem 101/Antasari Banjarmasin yang sudah luar biasa menggelar turnamen sangat besar ini.
 
"Turnamen ini sangat membantu bagi para atlet kita mengikuti Pra PON, makanya kita ikutkan semua," ujar H Imus, panggilan akrabnya.
 
Apalagi pada ajang ini, ujarnya, diikuti pebiliar kelas nasional, bahkan Asia, hingga jadi penyemangat para atlet Kalsel bersaing mengasah kemampuan.
 
"Apalagi ada atlet dari Filipina, hingga kita bisa ukur kemampuan para atlet kita, turnamen ini memang luar biasa," ujarnya.
Saat penyerahan piala pada turnamen biliar piala Danrem 101/Antasari Banjarmasin "9 Ball Open Handicup Tournament 2023" di Banjarmasin, Kalsel dari 1--8 Februari 2023. Rabu. (ANTARA/Sukarli)
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023