Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Peringatan Hari  Kartini ke-137 di Kabupaten HSS diperingati dengan lomba fashion show kebaya cilik layaknya penampilan  busana kartini yang diikuti oleh putri dari perwakilan masing-masing PNS ,dan jajaran SKPD lingkup HSS.

Masing-masing anak perempuan bak orang dewasa ,dengan rias wajah yang cantik dan balutan busana kebaya ala kartinian anak anak usia 4 hingga 6 tahun ini meragakan aksinya  di hadapan bupati hulu sungai selatan dan undangan lainnya.

Tema Peringatan kali ini " Dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas".

Ketua Panitia yang juga Isteri dari Sekda HSS Hj Rabiatul Adawiyah,melaporkan bahwa perayaan  hari kartini merupakan wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender dan emansipasi wanita, kartini merupakan pahlawan wanita dengan kesungguh hati memperjuangkan kebenaran yang di percayainya.

Dijelaskannya  bahwa kegiatan sebelumnya dalam memperingati kartini di rangkai dengan  kunjungan silaturahmi dan pemberian sembako pada kelompok lansia di kecamatan angkinang,kecamatan padang batung dan kecamatan sungai raya, pemberian siraman rohani di lapas kandangan kepada narapidana wanita.

Dilakukan penilaian secara spontan terhadap busana mirip kartini, sehingga menghasilkan 10 undangan terpilih, untuk lomba peragaan busana kartini anak usia 4 hingga 6 tahun yang di ikuti oleh anak dari skpd se kabupaten hulu sungai selatan sebanyak enam orang.

Bupati H Achmad Fikry, dalam sambutannya menyampaikan di kabupaten Hulu Sungai Selatan, perjuangan Raden ajeng kartini adalah peran perempuan dan peran wanita untuk bisa lebih sejajar dengan pria sudah tidak di ragukan lagi.

"Di lembaga pemerintahan, lembaga perwakilan rakyat , TNI dan Polri sudah banyak sekali wanita-wanita yang mengabdikan dirinya pada profesi masing-masing," katanya.

Diharapkan melalui kegiatan perayaan hari kartini ini semangat kartni terus dapat menggelora bagi para wanita agar dapat memberikan pengabdian yang terbaik sesuai dengan profesinya masing-masing.

Melalui momentum meningkatkan peran wanita dalam mensejahterakan keluarga dan pencapaian visi misi Kabupaten HSS untuk.mewujudkan HSS Sehati. peringatan Hari Kartini menjadi momen penting sebagai penghargaan atas kepeloporannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan agar setara dengan kaum laki-laki.

Kemeriahan hari kartini pun makin meriah karena ada bazar yang di ikuti oleh dinas prindakop dan ukm kabupaten hulu sungai selatan,dinas pertanian tanaman pangan dan holtikultura,bapeluh dan ketahanan pangan,dinas perikanan dan peternakan,dan rumah tahanan kandangan berupa hasil kerajinan masyarakat binaan.

Ditambahkannya kegiatan ini sumber pendanaannya berasal dari dpa badan keluarga berencana,pemberdayaan masyarakat dan perempuan kab hulu sungai selatan.

Diakhir kegiatan di lakukan penyerahan penghargaan kepada juara lomba desa tingkat kabupaten yang di raih oleh desa pejampang bahagia kecamatan simpur, untuk tingkat kelurahan di raih oleh kelurahan jambu ilir dan untuk kegiatan P2WKSS di desa malutu, untuk Kecamatan Sayang Ibu (KSI) di rahih oleh kecamatan padang batung

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016