Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengatakan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya telah menyimpulkan penyebab kebakaran Gedung Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel akibat arus pendek atau korsleting listrik.

"Jadi memang dikarenakan korsleting di atas plafon pada Bagian Pembinaan karir (Binkar) Biro SDM," kata Irjen Pol. Andi Rian di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Tak ada korban jiwa saat kebakaran di Polda Kalsel

Dijelaskan Kapolda Kalsel, kesimpulan Puslabfor Polri sejalan dengan temuan awal api oleh saksi dari personel yang berupaya memadamkan api pada saat terjadi kebakaran.

"Jadi kan asap terlihat dari dalam ruang Binkar, ternyata api memang di lokasi itu awalnya," tutur jenderal bintang dua itu.

Baca juga: Kapolres Barito Kuala sambangi korban kebakaran di Mekarsari
Gedung Biro SDM Polda Kalsel yang terbakar pada Rabu (25/1/2023) malam. (ANTARA/Bayu Pratama Syahputra)

Dia pun memastikan proses perbaikan kembali gedung segera dilakukan agar bisa ditempati kembali untuk memberikan pelayanan terkait Biro SDM yang lebih banyak urusan internal anggota Polri tersebut.

Selain urusan ke dalam, Biro SDM juga bertugas dalam proses rekrutmen calon anggota Polri sehingga dibutuhkan masyarakat  sebagai wadah informasi bagi mereka yang ingin menjadi anggota Polri.

Diketahui, Gedung Biro SDM Polda Kalsel yang berlantai dua terbakar pada Rabu (25/1) malam lalu. 

Api yang menyala di bagian atap gedung tidak sampai menjalar ke bagian lainnya di bawah berkat kesigapan upaya pemadaman dari petugas dan relawan barisan pemadam kebakaran (BPK) di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Kapolda Kalsel perintahkan investigasi kebakaran Polresta Banjarmasin

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023