Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Ardiansyah menginginkan masyarakat di provinsi berjuluk "Bumi Lambung Mangkurat" itu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

"Aktualisasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat kita itu penting agar tidak mudah kemasukan paham radikal atau bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila," ujar Ardiansyah saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Tuan Guru Haji Zainuddin uraikan keutamaan kesehatan jasmani

Oleh karena itu, Ardiansyah menyosialisasikan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di Kecamatan Sungai Raya (130 kilometer utara Banjarmasin) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Mantan Ketua DPRD HSS itu mengharapkan aparat pemerintahan desa juga turut serta mengupayakan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat setempat.

"Karena tanpa revitalisasi dan aktualisasi kita khawatirkan nilai-nilai luhur Pancasila akan tergerus oleh paham-paham lain," ujar wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, HSS dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu.

Ardiansyah menuturkan generasi milenial juga banyak menggunakan media sosial yang dengan mudah diakses masyarakat.

Baca juga: Legislatif Kalsel minta masyarakat bijak bermedsos
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Ardiansyah saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kecamatan Sungai Raya (sekitar 130 km utara Banjarmasin) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Jumat (27/1/23). (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Selain DPRD Kalsel, sosialisasi revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila tersebut juga menghadirkan Camat Sungai Raya Fathul Mushally dan Kapolsek setempat, Iptu Syahbana.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Sungai Raya mengingatkan/mengajak aparat pemerintah desa bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Keadaan Kamtibmas yang damai akan sangat menunjang pelaksanaan pembelajaran dan pemerintahan," tutur Syahbana.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel ingatkan instansi terkait hadapi perkiraan kemarau Tahun 2023

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023