Amuntai, (Kalsel.Antaranews) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menggelar operasi Penyakit Katarak secara gratis seiring memperingati Hari Jadi Kabupaten HSU ke 64.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) drg Isnur Hatta di Amuntai, Jum'at mengatakan operasi katarak gratis hampir dilaksanakan setiap tahun dan selalu disambut antusias oleh masyarakat.

"Terbukti masih banyak warga masyarakat yang mengidap penyakit ini dan jumlahnya yang mengikuti operasi meningkat setiap tahun," ujar Isnur.

Isnur mengatakan, pasien yang mengikuti operasi katarak gratis selalu bertambah setiap tahun sehingga pemerintah juga mengalokasikan anggaran yang juga meningkat.

Pada operasi kali ini, kata Isnur, dialokasikan anggaran sebesar Rp350 juta bagi sebanyak 70 pasien, jumlah ini meningkat dibanding 2013 dimana operasi Katarak hanya diberikan bagi 30 pasien, jumlahnya meningkat menjadi 50 pasien di 2014 dan meningkat menjadi 60 pasien di 2015.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan HSU dijumpai sebanyak 161 penderita katarak, sebanyak 101 pasien sudah dilakukan pemeriksaan, dilanjutkan dengan 70 pasien yang mengikuti operasi katarak kali ini.

"Pasien yang belum mendapatkan bantuan operasi katarak akan diikutsertakan tahun depan," kata isnur.

Bupati HSU Abdul Wahid dan Ketua PKK HSU Anisah Rasyidah turut menyaksikan kegiatam operasi Katarak gratis ini, seraya menghimbau warganya agar mengikuti anjuran pertugas kesehatan untuk menghindari terkena resiko penyakit katarak.

"Meski tidak berbahaya dan kebanyakan yang mengidap jenis penyakit ini adalah orang lanjut usia, namun penyakit ini sangat mengganggu penglihatan sehingga aktivitas seseorang juga terganggu dan mengurangi produktivitas kerja,"terangnya.

Seiring menyaksikan kegiatamn operasi katarak tersebut, Wahid juga meresmikan ruang perinatologi dan ruang inap jiwa di RSUD Pambalah Batung Amuntai.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016