Polresta Banjarmasin beserta jajaran Polda Kalimantan Selatan mengerahkan sebanyak 550 personel gabungan untuk mengamankan perayaan Imlek 2023 yang jatuh pada Minggu (22/1).

"Personel yang bertugas kami apel hari ini semuanya untuk langsung melakukan pengamanan di titik-titik yang telah ditentukan," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: Banjarmasin siaga pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 2023

Dia berharap pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Imlek mampu berjalan dengan aman dan kondusif.

Sejumlah klenteng dan vihara pun menjadi fokus pengamanan aparat yang dimulai hari ini penjagaannya.

Sterilisasi klenteng dan vihara di Kota Banjarmasin dilakukan Tim Gegana Brimob dan K9 Samapta Polda Kalsel dibantu Sabhara Polresta Banjarmasin.

Terdapat dua klenteng, yaitu Klenteng Po an Kiong Jalan Niaga Utara dan Klenteng Soetji Nurani di Jalan Veteran Sungai Bilu di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Kemudian satu Vihara Duta Prabha di Jalan RK Ilir Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Sabana menyebut patroli skala besar juga dilakukan pada Sabtu malam ini untuk memberikan rasa aman masyarakat dalam momen Imlek.

Baca juga: Imlek di Banjarmasin berlangsung khidmat di dua klenteng bersejarah

"Kita ingin memastikan semua tempat keramaian, objek vital dan aktivitas ekonomi masyarakat dapat berjalan aman dan lancar," ucap dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota, Polresta dan Kodim 1007 Banjarmasin melaksanakan apel kesiapan pengamanan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Pos Induk Polresta Banjarmasin di Jalan A Yani KM 2, Sabtu.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menuturkan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh pada 22 Januari 2023 ini adalah momen penting bagi warga Tionghoa yang sudah membudaya dalam masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Setiap tahun dirayakan tahun baru ini, baik berupa ibadah dan lainnya, di kelenteng, Vihara dan pertunjukan barongsai," ujarnya.

Dinyatakan dia, kegiatan tersebut mempengaruhi mobilitas masyarakat yang bisa mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan kerawanan lainnya, ketika masyarakat berkumpul di titik tertentu dan mendapat perhatian tertentu untuk perayaannya.

Baca juga: Penjualan pernak pernik Imlek 2023 laris manis di Banjarmasin

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023