Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap menerangi sepanjang ruas Jalan Trikora melalui pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pada tahun 2023.
 
Kepala Dinas Perkim Banjarbaru Muriani melalui Kabid Sarana dan Utilitas Anwar Delmi di Banjarbaru, Selasa mengatakan, anggaran sudah disiapkan sehingga pemasangan bisa terealisasi di jalan negara itu.
 
"Anggaran sudah dialokasikan dan menjadi program yang dilaksanakan tahun 2023 sehingga pemasangan bisa dilakukan untuk menerangi sepanjang ruas Jalan Trikora," ujar Anwar Delmi.
 
Menurut pria yang akrab di sapa Avik itu, Disperkim mengalokasikan anggaran Rp1,7 miliar untuk pemasangan sekitar 75 titik PJU sepanjang Jalan Trikora yang membentang melintasi tiga kecamatan di kota setempat.
 
Selain itu, Dinas Perhubungan Kalsel juga menyiapkan anggaran untuk pemasangan 75 tiang PJU sepanjang ruas Jalan Trikora sehingga ada dua pembiayaan mendukung penerangan jalan negara di Banjarbaru itu.
 
"Jadi, selain Pemkot Banjarbaru, Pemprov Kalsel melalui Dinas Perhubungan juga siap memasang tiang PJU sepanjang Jalan Trikora sehingga bisa mempercepat target pemasangan PJU Trikora," ucapnya.
 
Dikatakan, sebelumnya Pemkot Banjarbaru menargetkan PJU Jalan Trikora tuntas tahun 2024 melalui pemasangan yang dilakukan sejak 2022 tetapi bisa dipercepat seiring alokasi anggaran dari Dishub Kalsel.
 
"Target kami, pemasangan PJU Jalan Trikora tuntas dalam kurun waktu tiga tahun, tetapi karena Dishub Kalsel juga menyiapkan anggaran sehingga bisa dipercepat dalam waktu 1,5 tahun," kata dia.
 
Sebelumnya, pada 2022 Disperkim Banjarbaru sudah memasang tiang PJU sebanyak 30 titik di kawasan Simpang Empat Liang Anggang menuju Jalan Trikora dan Jalan Simpang Tiga Cempaka ke Trikora.
 
Ditambahkan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kalsel akan berkoordinasi terkait sinkronisasi pemasangan PJU sepanjang ruas Jalan Trikora sehingga tidak terjadi tumpang tindih penempatan titik.
 
"Kami akan bertemu dengan Dishub Kalsel, Jumat (13/1) untuk saling menyinkronkan penempatan titik tiang PJU sehingga tidak terjadi tumpang tindih saat pemasangan di lapangan," katanya.
 
Baca juga: Penyerapan anggaran Pemkot Banjarbaru capai 92,50 persen
Baca juga: Wali Kota resmikan JPO pertama di Banjarbaru
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023