Perusahaan batubara PT Borneo Indobara (BIB) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berkontribusi meningkatkan kualitas SDM di "Bumi Bersujud" dengan melatih anggota satuan pengamanan (satpam) di perusahaan tersebut.

Manager Security dan Strategic PT BIB Heri Purnomo, di Batulicin Jumat mengatakan, rekrutmen dan pelatihan satpam kali ini merupakan angkatan ke X diikuti sebanyak sembilan orang.

Latihan tenaga satpam tersebut telah dilaksanakan sebanyak sepuluh kali dan menghasilkan 86 tenaga satpam yang profesional.

"Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan kemampuan skill serta kemampuan tentang tugas dan fungsi pengamanan," kata Heri.

Ia mengatakan,  pelatihan satpam kali ini dilaksanakan selama satu bulan dan resmi ditutup pada 29 Desember 2022 di Pantai Angsana.

Dijelaskan Heri, sistem rekrutmen satpam pada PT BIB sama seperti penerimaan TNI-Polri. 

Tahapanya melalui seleksi administrasi, kesehatan, kesemaptaan, mental ideologi, pengetahuan umum dan pantukhir.

"Yang dinyatakan lulus mereka mengikuti pendidikan selama empat minggu dengan mengikuti materi PBB, latihan praganda, latihan penyergapan dan pembebasan sandra," katanya.

Heri berharap, program ini mampu menjadikan SDM di Tanah Bumbu khususnya anggota satpa di PT BIB yang berkualitas professional dan handal dalam menjalankan tugas pokok pengamanan di perusahaan.

"Disiplin dalam bertugas, sigap dalam bertindak, dan mengerti tugas-tugas pokok satuan pengamanan," tegasnya

Sementara itu, pjs Kepala Teknik Tambang pada PT BIB Yudha HES menambahkan, pendidikan satpam ini merupakan modal dasar melaksanakan tugas pokok satpam, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai bekal saat melaksanakan tugas di lapangan.

"Bukan hanya itu, program ini upaya dalam rangka meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan cara bertindak bagi anggota satpam," jelasnya.

Harapanya, para anggota satpam dapat berkontribusi dalam mendukung kegiatan perusahaan dari gangguan eksternal.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022