Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin meminta pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) membuka komunikasi dua arah agar pemberitaan berimbang dengan materi utuh dan menyeluruh.
 
"Harapan kami, pemilik media yang tergabung dalam SMSI membuka komunikasi dua arah agar setiap pemberitaan disajikan berimbang dan utuh dibaca oleh masyarakat," ujarnya di Kota Banjarbaru, Kamis.
 
Pernyataan tersebut disampaikan wali kota usai pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Banjar-Banjarbaru masa bakti 2022-2026 di Aula Gawi Barataan Balaikota Banjarbaru.
 
Menurut wali kota, pihaknya sangat berharap, SMSI sebagai organisasi pemilik media, khususnya media online, mengarahkan setiap pemberitaan sesuai informasi dan fakta yang terjadi di lapangan.
 
Dijelaskan, pemberitaan bisa berasal dari pemangku kepentingan melalui materi berita yang disiarkan secara utuh dan berimbang, sehingga bisa menjadi sarana informasi yang terpercaya bagi masyarakat.
 
"Media bisa menjadi alat membentuk karakter masyarakat. Intinya, baik buruknya suatu daerah tergantung media karena bisa menjadi opini atau penilaian pembaca terhadap daerah itu," ungkapnya.
 
Ditekankan wali kota, SMSI juga diharapkan mampu menangkal berita bohong atau tidak benar (hoax) sekaligus menjadi filter atas berita yang tidak berkesesuaian antara informasi dan fakta lapangan.
 
"Kami berharap, pengurus SMSI berperan menangkal hoax sekaligus menjadi filter terkait berita yang tidak sesuai kondisi antara informasi dan kejadian di lapangan sehingga setiap berita berimbang," pesannya.
 
Ketua SMSI Kalsel Anang Fadillah mengatakan, pihaknya bersama pengurus baik tingkat Kalsel maupun kabupaten/kota siap menjalankan amanah melalui kebijakan maupun pemberitaan yang berimbang.
 
Sementara, Ketua SMSI Banjar dan Banjarbaru Rudy Azhari mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan berbagai pihak menangkal berita hoax sekaligus merangkul media yang ingin bergabung.
 
Pengurus SMSI Banjar-Banjarbaru yang dilantik yakni Rudy Azhary (suratkabardigital.com), Sekretaris M Rahmadi (suarabanuanews.com) dan Bendahara Rudiyanto (klikkalimantan.com).
 
Baca juga: Wali Kota: Pemberian beasiswa wujudkan Banjarbaru Juara
Baca juga: Walikota Banjarbaru dan Walikota Banjarmasin terima penghargaan Kota Peduli HAM
Baca juga: Pembangunan stadion olahraga Banjarbaru mulai 2024
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022