Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyiapkan sebanyak 42 kegiatan untuk menarik wisatawan pada tahun 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi di Banjarmasin, Selasa, mengatakan 42 kegiatan tersebut masuk dalam program pemasaran pariwisata.

"Baik yang diselenggarakan pemerintah kota, swasta hingga komunitas," ujarnya.

Semuanya, lanjut dia, terhimpun dalam upaya menarik wisatawan, baik nasional maupun mancanegara.

Menurut Iwan, salah satu kegiatan atau event yang besar diselenggarakan pada tahun 2023 tersebut adalah Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF).

"BSF yang rutin diselenggarakan ini sudah masuk 100 event nasional," tuturnya.

Karena, lanjut dia, kegiatan BSF ini juga didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, diupayakan menjadi salah satu daftar Karisma Event Nusantara (KEN).

"Keuntungannya akan dipromosikan ke seluruh dunia oleh Kemenparekraf RI," tuturnya.

Sebanyak 42 kegiatan pariwisata untuk tahun 2023 ini sudah diluncurkan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina pada Sabtu (10/12/2022).

Wali Kota H Ibnu Sina menyampaikan adanya puluhan kegiatan ini sebagai wujud kesiapan kotanya untuk pulih dari pandemi COVID-19 dan merangkul para wisatawan yang akan berkunjung di kota ini.

"Kita optimis pandemi segera berakhir, apalagi dengan pulihnya sektor pariwisata akan banyak insan pariwisata dan warga yang terbantu, tentu hal ini dapat membangkitkan kembali geliat perekonomian kita," ujarnya.

Kota Banjarmasin memiliki beberapa objek wisata unggulan yang ditawarkan, yakni pasar terapung, siring Sungai Martapura, susur sungai, objek wisata religi dari makam keramat hingga mesjid bersejarah.

Baca juga: Dermaga wisata Kampung Hijau Banjarmasin diresmikan
Baca juga: Banjarmasin gelar festival jukung untuk bangkitkan pariwisata
Baca juga: Pemkot Banjarmasin gelar kompetisi inovasi untuk ekonomi kreatif

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022