Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi melakukan bakti sosial di daerah pemilihan atau Dapilnya Kabupaten Tanah Bumbu 
(Tanbu).

"Bakti sosial (Baksos) yang berlangsung di Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir itu mendapat sambutan hangat warga setempat," ujar wakil rakyat asal Dapil Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu melalui telepon seluler, malam Senin.

"Alhamdulillah warga Batuah (sekitar 240 tenggara Banjarmasin) membanjiri Baksos berupa sunatan massal dan pengobatan gratis yang saya adakan, 4 Desember 2022," lanjut Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan tersebut.

Ia menerangkan, Baksos tersebut dengan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, beberapa rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat dan jajaran Dinkes "Bumi Bersujud" Tanbu.

Baksos tersebut sebagai bentuk dedikasi terhadap masyarakat di desa dengan dukungan penuh dari  PT Bank Kalsel atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov setempat.

Rangkaian Baksos tersebut sekaligus menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tahun 2022 diisi dengan kegiatan sunatan massal dan pengobatan gratis dengan diikuti ratusan lebih warga Desa Batuah.

Wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Paman Yani turun ke daerah konstituennya itu, mengharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dalam menyentuh perhatian lebih kepada masyakarat.

"Semuanya kami fasilitasi atas kerja sama dengan Pemprov Kalsel. Karena, tadi lumayan banyak dalam sunatan massal, terpenting juga ada pengobatan gratis. Luar biasa sekali masyarakat di sini," ujarnya. 

Ia juga  berterima kasih kepada RSUD Ulin, RSU Anshari Saleh Banjarmasin, RS Jiwa Sambang Lihum, RSUD Tanbu serta Puskesmas yang turut memberikan dukungan penuh atas pelaksanaan Baksos tersebut.

"Selain berhasil menyelenggarakan sunatan massal dan pengobatan gratis. Ada juga vaksinasi gratis, baik dosis satu, dua hingga tiga, ini bagus diselenggarakan karena sekitar 200 dosis disiapkan," paparnya.

Paman Yani mengaku senang atas antusias masyarakat Desa Batuah yang tinggi partisipasinya dalam penyelenggaraan bakti sosial tersebut.
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi saat melakukan bakti sosial di Desa Batuah (sekitar 240 km tenggara Banjarmasin) Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, 4 Desember 2022. (Istimewa)

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalsel Budi Wahyudi menuturkan, dengan adanya dukungan dari Paman Yani dan Gubernur setempat H Sahbirin Noor acara ini berjalan lancar dan sukses.

"Dengan bantuan Dinkes Tanah Bumbu, pelaksanaan sunatan massal dan pengobatan secara gratis ini lancar," jelasnya.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Batuah Mahluki mengucapkan terima kasih atas perhatian wakil rakyat yang duduk di Komisi II DPRD Kalsel sudah turut memberikan bantuan berupa sunatan massal dan pengobatan gratis untuk warganya. 

"Kami mengharapkan kegiatan ini rutin, satu atau dua tahun sekali diselenggarakan dan tentu sangat bermafaat sekali. Mengingat, penduduk Desa Batuah cukup banyak," harapnya. 

Selain Dinkes dan RSUD, juga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) dan Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kalsel turut hadir memeriahkan kegiatan Baksos tersebut.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022