Di rangkaian Hari Jadi ke-72 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menggelar syukuran dan do’a bersama, berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat, Alun-alun Kota Kandangan.

Pada syukuran ini, disediakan menu kuliner khas Kabupaten HSS yaitu 10.000 porsi Ketupat Kandangan, yang bisa dinikmati bersama oleh seluruh masyarakat HSS.

"Kita berharap pada Hari Jadi Kabupaten HSS agar menjadi momentum, untuk terus bekerja dan bekerja membangun HSS," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry, saat memberikan keterangan, Jum'at (2/12) pagi.
 
Penyerahan penghargaan pemenang lomba logo dan tagline hari jadi. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Lapsus HSS : Haflah Tilawatil Qur'an diiringi do'a keberkahan untuk banua

Dijelaskan dia, adalah momentum ini juga jadi hari jadi terakhir bagi pihaknya, karena tahun depan sebagai Bupati dan juga Wakil Bupati sudah tidak menjabat lagi, karena tanggal 19 september 2023 masa jabatan berakhir.

Menu makanan pada syukuran disajikan kali ini merupakan makanan khas asli daerah, dan selain ketupat Kandangan juga ada kue, yaitu Apam Kandangan dengan khasnya ada kelapa diparut di atas apam.

"Ketupat adalah khas HSS, dan sudah diakui oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Pariwisata sebagai warisan budaya non benda," katanya.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengatakan tentu apa telah saksikan bersama betapa antusias masyarakat untuk berkumpulan bersama dalam rangka syukuran, menjadi tanda bawah yang telah dilakukan selama ini mendapat tempat di hati masyarakat.

Sesuai tagline hari jadi gawian manuntung (selesai), pihaknya bersyukur RPJMD bisa dilaksanakan, dan di sisa sepuluh bulan terakhir kepemimpinan dirinya bersama bupati semuanya sudah bisa dilaksanakan.

"Ini tentu menjadi penyelaras akhir untuk pencapaian visi misa daerah kita, dan kita berharap apa yang telah kita lakukan ini maka masyarakat merasa himung barataan (senang semua)," katanya.
 
Makan bersama masyarakat Ketupat Kandangan. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Syukuran dan shalat hajat Pemkab HSS sambut hari jadi

Syukuran diawali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhyar, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah uang pembinaan oleh Bupati HSS untuk pemenang lomba desain logo dan tagline hari jadi, lalu pembacaan doa oleh Pimpinan Pondok Pesantren Raudhatul Ghanna Annabawiyyah Kandangan, TGH Ahmad Syairazi.

Sebelum acara syukuran dimulai, Bupati HSS bersama Wakil Bupati dan Sekda, H. Muhammad Noor, terlebih dahulu meninjau stand-stand Ketupat Kandangan yang disediakan oleh SKPD, Instansi Vertikal, BUMN dan swasta.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD H Akhmad Fahmi dan unsur Forkopimda HSS, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, para Camat dan masyarakat HSS.

Baca juga: Jajaran Pemkab HSS ziarah makam pendiri kabupaten jelang hari jadi
 
Penyambutan Ustadz Das'ad Latif untuk tabligh akbar di Negara, HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022