Sebanyak 16 partai politik (parpol) mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sebagai peserta pemilu 2024.

"Diantaranya adalah Partai Golkar, PDIP, Gerindra, PPP, PAN, Nasdem, PKS, Demokrat, PKB. Partai tersebut merupakan partai lama yang memiliki anggota DPRD di Tanah Bumbu," kata Ketua KPU Tanah Bumbu Mahruri, di Batulicin Rabu.

Sedangkan Partai Hanura, Partai Buruh, Garuda, Partai Umat, Gelora, PSI dan Perindo merupakan partai baru yang masuk di Tanah Bumbu dan kini dalam tahap verifikasi faktual.

Dari tujuh partai baru tersebut ada empat partai yang selesai verifikasi faktual yakni Partai Perindo, Partai Gelora, PSI dan Partai Umat. Sedangkan Partai Hanura, Garudan dan Partai Buruh masih proses verifikasi.

"Sebenarnya pada pemilu 2024, ada sembilan partai baru yang mendaftarkan diri ke KPU Tanah Bumbu, namun ada dua partai tidak memenuhi syarat administrasi yakni Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Bulan Bintang (PBB), sehingga tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya," jelas Mahruri.

Ia mengatakan, persiapan pemilu 2024 sudah masuk verifikasi faktual perbaikan anggota partai politik, pendaftaran PPK dan proses penyusunan daerah pemilihan.

Untuk mendukung itu, KPU Tanah Bumbu merekrut 60 orang anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024.

"Di wilayah Tanah Bumbu ada 12 kecamatan dan masing-masing kecamatan akan diisi lima orang anggota PPK, tahap penerimaan pendaftaran calon anggota PPK dilaksanakan sejak 20-29 November 2022, penelitian administrasi 21 November-1 Desember 2022 dan pengumuman hasil penelitian administrasi pada 2-4 Desember 2022," pungkas Mahruri.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022