Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sewarga Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, mampu mendongkrak keuntungan hingga 138,29 persen setelah pengurus membuka usaha baru berupa biro perjalanan atau travel.

Ketua KPRI Sewarga Hulu Sungai Selatan (HSS) Rahmani di Kandangan Jumat mengatakan, sejak pengelola membuka usaha baru berupa jasa biro perjalanan atau tranvel, maka keuntungan koperasi naik signifikan.

"Bahkan laba koperasi pada tahun ini meningkat, dibanding pendapatan tahun 2014,dengan peningkatan jauh di atas terget tahun 2015," katanya.

Pendapatan usaha travel tahun 2015 ini mencapai 138,29 persen dari target yang ditetapkan, sementara pinjaman jangka panjang, yang merupakan usaha utama KPRI Sewarga Kandangan, memberikan kontribusi 78,71 persen terhadap total pendapatan,yang menghasilkan laba sebesar Rp916,5 juta lebih naik dibanding 2014 Rp778,4 juta lebih.

Sekretaris Daerah HSS Ideham mengatakan, diharapkan para pengurus koperasi mencari gagasan dan terobosan baru untuk terus meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan anggotanya.

Sebelumnya, Sekda menghadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Sewarga dalam rangka pertanggung jawaban pengurus tahun 2015, dan pemilihan pengurus periode 2016-2018 serta penyusunan Program Kerja dan RAPB 2016, Kamis (31/3).

Menurut Sekda, terselenggaranya RAT KPRI Sewarga, dalam rangka menyampaikan pertanggung jawaban pengurus dan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja di tahun mendatang.

"Moment ini sangat penting bagi pengurus dan anggotanya, dalam rangka evaluasi pelaksanaan program di tahun lalu dan ke depandan, sehingga peserta RAT dapat lebih berkonsentrasi terhadap program KPRI yang telah ditetapkan.

Sekda berharap, para pengelola atau pengurus koperasi akan mampu memberikan gagasan yang kreatif untuk mencari terobosan dalam rangka memajukan KPRI Sewarga Kandangan ini.

Kepala Dinas Perindakop dan UKM HSS, Sasmi Rifani mengapresiasi perkembangan koperasi Sewarga, yang cukup menggembirakan, terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan koperasi sebagai wadah usaha bersama untuk, memenuhi aspirasi dan kebutuhan ekonomi anggotanya.

"Koperasi telah melayani anggotanya secara prima dan bekerja untuk pembangunan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016