Pemantapan Revitalisasi Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), melalui pengendalian Laju Pertambahan Penduduk (LPP) berperan  mendukung pencapaian tujuan nasional.

Wakil Bupati Banjar, Said Idrus al-Habsyi mengatakan dengan terkendalinya pertambahan dan pertumbuhan penduduk, maka setiap keluarga mempunyai peluang untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Said Idrus menambahkan, Program Bangga Kencana memiliki sasaran program untuk meningkatnya kualitas penyelenggaraan Program Bangga Kencana dalam meningkatkan kualitas  Sumber Daya Manusia Indonesia, serta mewujudkan Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan.

Menurutnya, Apabila pelaksanaan Program Bangga Kencana  dapat lebih diperkuat, maka akan berhasil menciptakan peluang ekonomis, karena rasio beban ketergantungan terus menurun mencapai titik terendah atau Window of Opportunity.

Said Idrus menerangkan, peningkatan akses dan kualitas pelayanan berupa pembangunan balai penyuluh KB kecamatan, merupakan salah satu peluang untuk memperkuat pelaksanaan program bangga kencana  dan penurunan stunting

“Saya berharap keberadaan Balai Penyuluhan KB Kecamatan Paramasan ini, benar-benar dapat menjadi ujung tombak tercapainya keberhasilan pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Banjar. Peresmian pembangunan Balai Penyuluhan KB ini juga bagian terpenting dari upaya pemerintah untuk meningkatkan fasilitas layanan bangga kencana di tingkat kecamatan bagi masyarakat,”ucapnya
 
Wakil Bupati Banjar, Said Idrus al-Habsyi, meresmikan Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar, Kamis,24/11/2022 (Antara/Istimewa)

Lebih lanjut, Said Idrus menyampaikan, Keberadaan Balai Penyuluhan KB hendaknya dapat semakin memudahkan masyarakat, untuk mendapatkan layanan yang cepat, dekat, gratis, berkualitas dan memuaskan sehingga akan terwujud kesadaran masyarakat akan isu kependudukan, peningkatan KB dan pembangunan keluarga melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja dan mampu menurunkan dan mencegah stunting khususnya di kecamatan Paramasan.

Untuk itu, Said Idrus, meminta kepada Penyuluh KB, segera fungsikan Balai Penyuluhan KB ini, agar dapat menjadi tempat beraktifitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan melakukan pembinaan kepada institusi masyarakat pedesaan dan mitra kerja dalam operasional program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kecamatan Paramasan.

“Kami menyadari bahwa program kependudukan ini, menjadikan bagaimana orang sehat, bagaimana orang sejahtera, serta dalam keluarga ada cinta, perhatian dan kejujuran. Tentunya, untuk mewujudkan keluarga berkualitas program keluarga berencana harus berhasil secara kuantitas dan kualitas,” harap Wakil Bupati Banjar.

Turut hadir pada Peresmian Balai Penyuluhan KB  ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar, Ketua Komisi IV, Sekretaris Perwakilan BKKBN Kalsel dr Lasma Uli Lumbantoruan, Pejabat Utama Pemkab Banjar terkait, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Paramasan, Koordinator Penyuluh KB, Kepala Desa Se-Kecamatan Paramasan dan Masayarakat.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022