Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk Kecamatan Sungai Raya dan Kandangan.

Penyaluran bantuan kali ini merupakan yang ketiga pada anggaran APBD Perubahan 2022, untuk wilayah Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Kandangan, bertempat di Aula Kecamatan Sungai Raya.

"Sejak tahun 2014 sampai dengan 2022 PRS pada anggaran murni telah capai angka 5.574 buah dengan jumlah dana Rp79.958.568.000 yang tersebar di 11 kecamatan di HSS, dan masing-masing KPM menerima Rp17,5 juta," kata Kepala Dinas Sosial, Nordiansyah, Rabu.

Baca juga: BLT BBM dari Pemkab HSS efektif kurangi beban pengeluaran masyarakat miskin

Sedangkan jumlah penerima bantuan UEP se-Kabupaten HSS adalah 116 KPM,  dengan total dana Rp338 juta diberikan maksimal Rp3 juta per KPM.

Untuk Kecamatan Sungai Raya sebanyak tujuh KPM dengan jumlah dana Rp 21 juta, disalurkan untuk jenis usaha warung, jual sayur keliling, dan budidaya kelulut.

Sementara, untuk Kecamatan Kandangan berjumlah 16 KPM dengan anggaran Rp41,5 juta, dengan jenis usaha jualan kue, jualan sayur keliling dan jualan roti keliling.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, berharap dengan adanya bantuan PRS dan UEP ini bisa meringankan beban masyarakat.

Baca juga: Ribuan KPM dan penyandang disabilitas HSS terima bansos dampak kenaikan BBM

"PRS berbeda dengan program bedah rumah yang ada di kabupaten lain, karena selain diperbaiki rumahnya, masyarakat yang ada di dalam rumah juga ikut dibantu," kata bupati yang berhadir bersama Sekretaris Daerah, H Muhammmad Noor.

Warga penerima bantuan UEP, Hamidah, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Bupati HSS yang telah memberikan bantuan untuk usaha roti yang ia jalankan.

Ia bersyukur sejak kepemimpinan Bupati HSS, bisa ikut merasakan menerima bantuan ini yang sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022