Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan serah terima dan peresmian sarana program Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) Akrab Desa Ulin dan Simpang Sepuluh Desa Batang Kulur Tengah.

Dua sarana ini diserahkan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS), dan dilakukan di di Aula Rakat Mufakat (Ramu) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

"Tujuan TPS3R kita ini adalah mengurangi dan melakukan pemilahan sampah, sehingga dapat mengurangi beban kerja TPA setelah dari TPS3R," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel, Teuku Davis F. Hamid, mengutip pers release Diskominfo HSS kepada ANTARA, Senin (21/11).

Baca juga: Sekda HSS terima kunjungan dari BPS Provinsi Kalsel

Dijelaskan dia, TPS3R ini dapat memberikan nilai lebih dari sisi ekonomi, di mana pengelolaannya dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi pada masyarakat sekitar.

Terkait pengelolaannya, pihaknya mengharapkan TPS3R yang telah diserahterimakan tersebut terus dijalankan dengan baik, sehingga dapat bermanfaat secara maksimal.

Bupati HSS, H  Achmad Fikry, mengatakan pengelolaan TPS3R ini adalah yang terpenting, jadi akan dipastikan TPS3R akan dikelola dengan baik.

Baca juga: Dari Ustadz Das'ad Latif hingga Habib Syech didatangkan untuk hari jadi HSS

“Dengan adanya fasilitasi dari Balai Prasarana Permukiman Provinsi Kasel ini, tentunya kita akan menjadikan fasilitas pembuangan sampah di HSS kedepannya menjadi lebih baik, dan bagi desa diharapkan bisa terkelola dengan bagus,” katannya.

Menurut dia, serah terima bukan akhir segalanya, tetapi awal agar masyarakat bisa merasakan manfaat dengan membuat sampah untuk menjadi Rupiah, dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Kegiatan ini ditandai penandatanganan serah terima dari Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel kepada Bupati HSS, yang disaksikan Sekda HSS, H. Muhammad Noor, dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022