Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, H Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah, H Muhammad Noor dan Asisten Perekonomian dan Pembanguan Setda HSS, MK Saputra, melakukan press conference persiapan peringatan hari jadi ke-72 Kabupaten HSS.

Kemeriahan puncak peringatan direncanakan akan dilaksanakan tanggal 3 Desember 2022, yang dipusatkan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, dirangkai beragam kegiatan termasuk mendatangkan Ustadz Das'ad Latif dan Habib Syech.

"Hari jadi ke-72 Kabupaten HSS tahun 2022 kita mengusung tema "Pemantapan Kontribusi Sektor Pertanian dan Pariwisata terhadap Perekonomian dan Pendapatan Masyarakat”, dengan tagline "Gawian Manuntung Barataan Himung"," katanya, Rabu(16/11) kemarin.

Dijelaskan dia, rangkaian peringatan hari jadi sebenarnya telah dimulai, termasuk dikolaborasikan dengan peringatan Hari Korpri dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) seperti beberapa waktu lalu dengan sunatan massal.

Baca juga: Ziarah ke makam pendiri Kabupaten HSS tradisi jelang hari jadi

Pihaknya akan melakukan  kunjungan ke lansia asuh ditanggal 17-18 November 2022, ziarah ke makam tokoh dan para pendiri Kabupaten HSS 25 November, kemudian sholat hajat menyambut hari jadi dilaksanakan 30 November 2022. 

Pada Jum'at (2/12) pagi akan dilaksanakan syukuran hari jadi di lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, secara khusus mengundang para ulama dan yatim piatu secara simbolis sesuai angka hari jadi, yakni 72 orang.

"Jumlah ini hanya secara simbolis, karena yang datang mungkin akan lebih dari jumlah tersebut," katanya.

Syukuran ini akan menghidangkan kuliner Ketupat Kandangan sebanyak 10 ribu porsi dilengkapi dengan Apam Kandangan, serta tentunya dengan menggiatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) maka hidangan dilengkapi dengan buah.

Di hari itu juga direncanakan akan didatangkan Ustadz Das'ad Latief yang akan sholat Jum'at di HSS, dan sorenya akan melakukan tabligh akbar di Mesjid Jami Ibrahim, Daha Utara.

Baca juga: Bupati HSS bawakan bingkisan dan sembako untuk lansia asuh

Untuk puncak peringatan tanggal 3 Desember 2022 dengan mengundang komponen masyarakat, termasuk telah menyampaikan undangan untuk Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor untuk bisa berhadir.

"Malam harinya, malam minggu itu kita lanjutkan kembali dengan kegiatan HSS Bershalawat bersama Habib Syech," katanya.

Rangkaian hari jadi kemudian diisi dengan HSS Expo yang bakal digelar dari tanggal 5 hingga 11 Desember, di Komplek Olahraga 2 Desember, di mana nantinya setiap stand OPD akan menghadirkan produk-produk UMKM binaan mereka.

Kegiatan penunjang lainnya, antara lain Karasmin Banua Disdikbud HSS, lomba permainan tradisional ASN, cukur amal 500 anak santri, senam bersama ASN HSS di Stadion 2 Desember hingga lomba dangdut melayu ASN.

Selain itu, direncanakan tahun ini peringatan hari jadi juga akan digelar di 11 kecamatan, karena antusiasnya warga ingin merasakan kemeriahan hari jadi dengan ciri khas, di kecamatan mereka masing-masing.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022