Perjalanan panjang turun ke desa (turdes) Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengendarai motor pada hari kedua akhirnya sampai di wilayah Kotabaru, kabupaten terujung di bagian tenggara Provinsi Kalsel.

Gubernur, dalam rilis resmi Pemprov Kalsel dilaporkan, telah mengunjungi beberapa pedesaan di daerah pesisir laut Kotabaru yang berseberangan dengan Pulau Sulawesi tersebut dalam turdesnya yang mengusung misi pengendalian inflasi tersebut, Jumat.

Di antara desa di Kotabaru yang Gubernur kunjungi adalah Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

Di desa itu, Gubernur beserta rombongan menggelar kegiatan sunatan massal, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga dan melakukan penanaman pohon di area wisata terumbu karang dan pasir putih Teluk Tamiyang.

Gubernur pun menyerahkan bantuan 100 paket sekolah untuk siswa, buku perpustakaan, bantuan pemberian makanan tambahan bagi ibu dan anak untuk upaya mengendalikan kasus stunting.

Selanjutnya, Gubernur menyerahkan bantuan peralatan untuk desa tangguh, pembagian puluhan paket sembako bagi warga tidak mampu, juga bantuan alat olahraga.

Bahkan diserahkan hibah bangunan penunjang wisata 4 unit, bantuan bibit buah, handsprayer, mesin potong rumput gendong dan alat mitigasi bencana berupa handy talky (HT).

Demikian juga saat Gubernur berkunjung ke Desa Tanjung Seloka, Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kotabaru, gerakan kegiatan sosial juga dilaksanakan.

Di antaranya, bantuan berupa puluhan paket sekolah untuk siswa, pembagian paket sembako, bantuan alat olahraga untuk siswa dan lain sebagainya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gubernur Kalsel melaksanakan turdes untuk kesekian kalinya, namun kali ini akan mencatat rekor MURI kategori turdes dengan estafet terpanjang.

Gubernur memulai turdes di depan kantor Sekdaprov Kalsel di Kota Banjarbaru pada 3 November 2022, hingga berakhir pada 7 November 2022.

Rombongan gubernur dinyatakan akan melalui rute tidak hanya jalan beraspal tapi juga jalan berbatu dan jalan setapak untuk menjangkau desa terdalam.

Rute awal dari Kota Banjarbaru melaju ke wilayah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Selanjutnya rombongan berbalik melalui hutan di lereng Gunung Meratus untuk menuju Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sekalian membuka Pekan Olahraga Provinsi (Pemprov) Kalsel pada 5 November 2022.

Perjalanan dilanjutkan langsung melalui Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara ke Kabupaten Banjar, Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin finis akhirnya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022