Para dosen Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel turun melakukan pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelompok tani di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut adalah program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan para dosen di program studi bisnis digital.

Kegiatan yang dilakukan pada 24 Oktober 2022 di Cafe Satui, Sungai Danau, Tanah Bumbu tersebut mengundang para UMKM, Pokdarwis dan kelompok tani dari lima desa di Kecamatan Satui.

Lima desa yang sebagian masyarakatnya menjadi objek pembinaan pada pengabdian masyarakat para dosen Poliban tersebut adalah Desa Satui Timur, Desa Sungai Cuka, Desa Makmur Mulia, Desa Beruntung Jaya dan Desa Perintis Bersujud.

"Lima perwakilan kepala desa juga hadir," ujar Joni.

Adapun empat rangkaian kegiatan utama dalam pengabdian kepada masyarakat ini, pertama, pelatihan digital marketing dengan peserta kelompok sadar wisata.

Kegiatan ini digagas oleh para dosen Prodi Bisnis Digital dan Manajemen Informatika Poliban, yaitu Hairul Anwar, Rahmatul Jannatin Naimah, dan Rohayati.

Untuk rangkaian kegiatan kedua adalah pelatihan digital marketing dengan peserta pelaku UMKM yang digagas oleh para dosen Prodi Bisnis Digital Poliban, yaitu Rudy Haryanto, Rika Novyanti dan Mohammad Wahyu Wardhana. 

Selanjutnya rangkaian kegiatan ketiga adalah pemaparan pengembangan web profil wisata di Desa Sungai Cuka dengan peserta penggiat wisata yang ada di Desa Sungai Cuka.

Kegiatan ini digagas para dosen Prodi Bisnis Digital, Administrasi Bisnis dan Manajemen Informatika Poliban,  yaitu Effan Najwaini, Agus Pebrianto, Ronny Mantala dan Abdul Rozaq. 

Terakhir rangkaian kegiatan keempat adalah pemaparan implementasi sistem informasi reservasi kamar dengan peserta pengelola tempat penginapan yang digagas para dosen Bisnis Digital, Manajemen Informatika dan Administrasi Bisnis Poliban, yakni Agus Irawan, Adi Pratomo, dan Mey Risa.
Para dosen Poliban saat berfoto bersama peserta dalam pengabdian masyarakat lima desa di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.(ANTARA/HO)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022