Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu, mempermudah penerbitan dokumen kependudukan bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA).

Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi melalui Kabid Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Muhammad Hasan, di Batulicin Kamis mengatakan, upaya yang dilakukan adalah Disdukcapil meluncurkan program dilan amanah atau disdukcapil melayani perekaman anak sekolah.

"Petugas akan datang ke sekolah untuk melayani perekaman KTP Elektronik bagi pelajar SMA yang memasuki usia 16-17 tahun, targetnya untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan," katanya.

Sehingga yang bersangkutan tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil utnuk menhgurus dokumen tersebut.

"Apabila sudah rampung dokumen tersebut akan kami serahkan kepada yang bersangkutan melalui pihak sekolah maupun kami kirim ke alamat yang tercatat melalui Kantor Post Indonesia," jelasnya.

Menurut Hasan, layanan jemput bola di sekolah  merupakan salah satu program unggulan Disdukcapil Tanbu yakni Dilan Amanah (Disdukcapil Melayani Perekaman Anak Sekolah).

"Hari ini kami melakukan perekaman KTP-e di SMAN 1 Kusan Hilir yang diikuti sebanyak 11 pelajar. Dengan rincian usia 17 tahun sebanyak enam orang dan usia 16 tahun sebanyak lima orang. Sedangkan cetak KTP Elektronik sebanyak delapan orang," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022