Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pendidikan menggelar Festival Maulid dengan rangkaian lomba habsyi antar pelajar SMP se-Kabupaten dan lomba asrakal kategori umum dalam rangka menyemarakkan Maulid Nabi sebagai pelaksanaan visi dan misi di bidang kebudayaan.

Bupati HST melalui Plt Kepala Dinas Pendidikan M Anhar pada  di Barabai, minggu mengatakan pembinaan pendidikan dalam arti luas akan semakin membuka ruang terbuka untuk saling berlomba-lomba di dalam hal kebaikan dan mencegah kemungkaran.

"Pada Festival Maulid ini, Pemkab HST mengajak siswa sekolah dan masyarakat melakukan syiar melalui lomba habsyi dan lomba asrakal barzanji dalam menyemarakkan peringatan maulid," pungkasnya.

Ditambahkannya, HST mempunyai keunikan khusus di banding daerah lain dalam memperingati maulid yang dilaksanakan sebulan penuh dari rumah ke rumah secara bergantian dengan mengundang kelompok handil maulid masjid, Langgar, antar RT serta antar kampung.

Setiap kelompok melantunkan syair maulid Asrakal Barzanji, Asrafal Anam maupun syair maulid habsyi dan burdah dalam Bahasa Arab yang mengandung pujian kepada Nabi Muhammad.

"Hal itu merupakan salah satu tradisi islami yang berkembang dari zaman dulu hingga sekarang yang tentunya sarat akan nilai-nilai budaya Islam, sehingga perlu kita lestarikan dan wariskan ke generasi muda.

Kegiatan ini juga sesuai dengan visi dan misi Pemkab HST yaitu meningkatkan keharmonisan kehidupan sosial, budaya dan beragama di masyarakat," ungkapnya.

Pria lulusan IPDN ini menambahkan, lomba ini nantinya akan dilaksanakan pada hari Senin (24/10) dari sore sampai malam dengan menampilkan delapan finalis dari masing-masing kategori di halaman Balai Rakyat Barabai. Untuk pengumuman pemenang dan pembagian hadiah dilaksanakan hari Selasa (25/10) di tempat yang sama.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalsel Cabang Barabai serta kepada para sponsor  lainnya yang mendukung kegiatan Festival Maulid ini," ungkapnya.

Karena lomba ini dilaksanakan di halaman terbuka, Dirinya mengajak kepada masyarakat Hulu Sungai Tengah untuk bisa menyaksikan secara langsung kegiatan ini. 

Peserta Finalis yang akan tampil untuk lomba jabsyi adalah SMPN 1 HST, SMPN 3, SMPN 6 HST, SMPN 12 HST, SMPN 13 HST, SMPN 18 HST, SMPN 20 HST dan SMP IT Al Khair. 

Sedangkan untuk lomba asrakal barzanji adalah Darussyahidin Banua Budi, Majelis Syifa”ul Qalbi Banua Binjai, langar Al Anshar Aluan Besar, langar Darussalam Pajukungan, Asy Syifa Maringgit, Al Latif Limpasu, SMAN 3 Barabai dan Khadimul Ummat Barabai.

Hadiah bagi pemenang yaitu masing-masing kategori mendapatkan uang pembinaan. Juara satu Rp3 juta, juara dua Rp2,5 juta, juara tiga Rp2 juta, juara harapan satu Rp. 1,5 juta, juara harapan dua Rp1.250.000, juara harapan 3 Rp1 juta. 

Berikutnya, untuk finalis tujuh dan delapan Rp750 ribu dan Rp500 ribu di samping itu juga mendapatkan tropi, piagam dan hadiah hiburan.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022