Pelahari (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Bambang Alamsyah mengatakan, dua tahun kedepan Kabupaten Tanah Laut fokus pada pembangunan sektor pariwisata dan pertanian .
 

"Saat ini Kalsel menjadi salah satu daerah wisata nasional, dan itu membuat Tanah Laut memfokuskan diri untuk membenahi wisata yang ada," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Selasa.

Menurut dia, untuk mendukung Kalsel menjadi salah satu daerah wisata naonal, maka pihaknya perlu membenahi termpat wisata yang dianggap potensial, sehingga menjadi daya tarik wisatawan lokal, nasional maupun manca Negara datang ke Tanah Laut.

Diutarakannya, dengan majunya pariwisata di Tanah Laut, maka pemerintah kabupaten berharap dapat menjadi industri yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah tersebut.

Untuk itu, dia meminta, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahrag Tanah Laut melakukan pendataan kawasan wisata yang potensial untuk dikembangkan, dan perlu diperhatikan fasilitas-fasiltas pendukungnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sektor berikutnya yang perlu dilakukan peningkatan oleh Pemkab Tanah Laut adalah, sektor pertanian, khususnya tanaman pangan.

Perlunya pengembangan sektor pertanian di Tanah Laut , jelas dia, karena Kalsel menjadi salah satu sentra pangan di Kalimantan, perlu mendapatkan dukungan dari kabupaten yang ada di Kalsel, salah satunya Kabupaten Tanah Laut.

Untuk itu, sebut dia, dalam upaya peningkatan sector pertanian perlu didukung sumber daya manusia berkualitas, alat dan mesian pertanian serta tenaga penyuluh pertanian yang siap membantu para petani.

Kemudian, terang dia, dalam peningkatan hasil pertanian, tentunya infrastruktur seperti, jalan dan jembatan pertanian harus ditingkatkan, agar ketika petani mengangkut hasil panennya berjalan lancar

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016