Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dewan Harian Ranting (DHR) 45 Kecamatan Padang Batung menggandeng budayawan dan praktisi sejarah melakukan syuting program bertajuk 'Warung Perjuangan".

Program ini dikemas para pemerannya dengan obrolan jenaka ini menghadirkan Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, sebagai bintang tamu warung.

Baca juga: Wabup HSS : Amuk Hantarukung peristiwa bersejarah perjuangan warga banua

"Pewarisan semangat nilai-nilai perjuangan dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dalam program Warung Perjuangan yang merupakan program dari DHR 45 Kecamatan Padang Batung," kata wabup, Minggu (9/10) kemarin.

Dijelaskan dia, ini sebuah permulaan yang baik, apa yang dibicarakan di warung adalah ingin mensosialisasikan tentang sejarah, dan pewarisan nilai-nilai kejuangan dalam bentuk yang lain.

Nantinya direncanakan ada inovasi-inovasi yang lain lagi. supaya pewarisan nilai-nilai kejuangan tidak hanya dalam bentuk pemaparan.

"Nantinya para pengurus DHR kita bisa mencari format lain, mungkin nanti kita akan ke kecamatan yang lainnya," katanya, yang juga  merupakan Ketua DHC 45 HSS, sehingga pada obrolan ini dirinya membahas tentang kisah dan sejarah perjuangan yang ada di HSS.

Baca juga: Pemkab HSS gelar kirab obor HUT Proklamasi Tentara ALRI

Adapun program ini memakai latar warung yang berlokasi di halaman Rumah Perjuangan ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, yang ada di Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung.

Dalam pertunjukan ini para pemainnya memerankan warga yang tengah berkumpul di warung dengan penuh improvisasi, tema yang diangkat pada pembicaraan di warung tentang Sejarah Perjuangan yang ada di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022