Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampaikan apresiasi untuk pengajuan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yakni terkait cadangan pangan dan keamanan pangan asal tumbuhan.

Masing-masing Juru Bicara (Jubir) fraksi menyampaikan pemandangan umum, dalam rapat paripurna yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H Muhammad Noor mewakili pihak eksekutif, di ruang rapat gedung DPRD setempat.

"Fraksi kami sangat mengapresiasi dua buah raperda, yakni tentang cadangan pangan pemerintah daerah dan keamanan pangan asal tumbuhan," kata jubir PKS, Mardiansyah, Selasa (4/10).

Baca juga: Wabup HSS sampaikan raperda cadangan dan keamanan pangan

Dijelaskan dia, dua buah raperda ini sangatlah penting karena rata-rata masyarakat di Kabupaten HSS yaitu petani, pekebun dan pedagang.

Pihaknya berharap diadakan akan lebih banyak lagi penyuluhan, agar sistem produksinya dapat terjamin mutu keamanan pangan asal tumbuhan.

Jubir Fraksi Nasdem, Haidir Sani, mengatakan menyambut baik dengan adanya rancangan peraturan daerah ini, karena pangan merupakan kebutuhan manusia setiap hari, maka dari itu kebutuhan pangan harus tersedia dan tercukupi khususnya di HSS.

Sementara itu dari, Jubir Fraksi Kebangkitan Bangsa, HSyamsudin, mengatakan tentu sangat menyambut baik atas tentang cadangan pangan pemerintah daerah dan keamanan pangan asal tumbuhan.

"Kami menyarankan adanya sinergisitas dan kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam penyaluran pangan misalnya untuk penanganan gizi buruk dan stunting," katanya.

Baca juga: Wabup HSS berikan jawaban pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD

Dari Jubir Fraksi Partai Golkar, Mukhlis Ridani, juga menyampaikan apresiasi untuk eksekutif yang telah menyusun dua raperda tersebut, terkait cadangan pangan pemerintah daerah dan keamanan pangan asal tumbuhan.

Selanjutnya, Jubir Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Syarifudin, mengatakan dengan adanya dua raperda ini sekiranya dapat membawa perubahan yang berarti, dan ada peningkatan bagi konsumen.

Terakhir, Jubir Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Surya Rizani, menyampaikan para prinsipnya mereka menyambut baik dengan tersusunnya raperda tersebut, sesuai dengan jadwal dan tahapannya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022