Objek wisata yang kian populer, Bukit Batu, Tepian Danau Riam Kanan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, keindahannya tak kalah dengan Danau Toba, Sumatera Utara.

Penilaian tersebut terlontar dari ucapan beberapa pengunjung saat berada di lokasi Bukit Batu, Senin.

Haji Murjani, seorang pengunjung menyebutkan Bukit Batu berada di tepian danau Riam Kanan yang luas yang kalau dilayari dari ujung ke ujung menelan waktu berhari hari.

Dari danau Riam Kanan di Bukit Batu terlihat pemandangan yang indah dengan hilir mudik perahu nelayan, perahu penumpang, dan sampan-sampan kecil yang dikayuh penduduk.

Dari kejauhan terlihat latar belakang Pegunungan Meratus, ada yang menghijau, ada yang sudah kebiru-biruan.

Di mana mana terilhat burung beterbangan secara bergerombol, atau satu satu, tentu terdengar kicau burung bersahut sahutan yang membentuk simponi alam kala berbarengan dengan suara monyet, jangkrik, kaririang, gemericik air, serta bunyi-bunyi bayu yang menyentuh daun di ranting ranting pepohonan.

Berbagai sudut pula terlihat warna warni kemah dan tenda ratusan pengunjung yang menikmati suasana alam  di lokasi berjarak sekitar 70 kilometer dari kota Banjarmasin itu.

Lokasi ini juga menjadi tujuan penghoby memancing karena di danau ini terdapat aneka spesies ikan.

Untuk menuju lokasi ini cukup mudah hanya sekitar satu setengah kilometer saja jalan yang rusak selebihnya beraspal mulus.

Apalagi sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan yang indah hingga satu setengah perjalanan sungguh tak terasa tahu tahu sudah sampai tujuan.
 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022