Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mempercantik objek wisata siring sungai di Kampung Ketupat, Banjarmasin Tengah, untuk menjadi salah satu tempat kegiatan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Kota Banjarmasin menjadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) V APEKSI Regional Kalimantan atau pertemuan wali kota se-Kalimantan pada 27-29 September 2022.

Acara ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-496 Kota Banjarmasin, tepatnya pada 24 September 2022.

Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina pada jumpa pers persiapan peringatan Harjad ke-496 di siring sungai Martapura, Kampung Ketupat, Jumat, penataan wilayah siring sungai Kampung Ketupat sudah hampir selesai.

"Progresnya sudah menggembirakan, harapannya sebelum tanggal 27 September bisa selesai untuk digunakan dalam rangkaian hari jadi  dan Rakelwil APEKSI," ujarnya.

Menurut dia, pengembangan Kampung Ketupat melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan mengacu pada rencana tata ruang untuk mendukung pengembangan wisata dan transportasi sungai.

Kemudian, lanjut Ibnu, mengintegrasikan transportasi sungai dan trasnportasi darat yang inklusif agar dapat diakses oleh semua warga tanpa terkecuali.

Demikian juga, ujarnya, melanjutkan penataan kawasan pemukiman kumuh di bantaran sungai dan penataan destinasi wisata berbasis sungai dan budaya lokal.

"Ini melanjutkan penataan destinasi berbasis sungai," ucap Ibnu.

Dia pun menyatakan, tempat ini juga akan menjadi pengembangan ekonomi kreatif.

"Jadi ini sebagai salah satu capaian pembangunan di usia 496 tahun kota kita ini," ujarnya.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi wakilnya H Arifin Noor saat memantau penataan siring sungai kampung ketupat, Jumat (Antara/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022